Fakultas Ekonomi | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

Ketua Program Studi Manajemen

Ibu Hana Tamara Putri, SE, MM

Visi Program Studi Manajemen

 

Misi Program Studi Manajemen

 

Kurikulum Program Studi Manajemen

SEMESTER I

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBN 22101

Agama

2(2-0)

Wajib

-

2

UBN 22102

Pancasila

2(2-0)

Wajib

-

3

UBF 22103

Pengantar Ekonomi Mikro

3(3-0)

Wajib

-

4

UBP 22104

Pengantar Manajemen

3(3-0)

Wajib

-

5

UBP 22105

Akuntansi Dasar Keuangan  I

3(3-0)

Wajib

-

6

UBR 22102

Ilmu Alamiah Dasar

2(2-0)

Wajib

-

7

UBR 22101

Bahasa Inggris

2(2-0)

Wajib

-

8

UBP 22102

Statistik I

3(3-0)

Wajib

-

Jumlah

20

 

 

     

 

 

SEMESTER II

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBF 22204

Pengantar Ekonomi Makro

3(3-0)

Wajib

-

2

UBN 22204

Bahasa Indonesia

2(2-0)

Wajib

-

3

UBR 22206

Aplikasi Komputer

2(2-0)

Wajib

-

4

UBP 22206

Akuntansi Dasar Keuangan II

3(3-0)

Wajib

Akuntansi Dasar Keu  I

5

UBP 22222

Statistik II

2(2-0)

Wajib

Statistik I

6

UBP 22203

Pengantar Bisnis

2(2-0)

Wajib

-

7

UBR 22203

Budaya Melayu

2(2-0)

Wajib

-

8

UBR 22205

Pendidikan Anti Korupsi

2(2-0)

Wajib

-

9

UBN 22203

Kewarganegaraan

2(2-0)

Wajib

-

Jumlah

20

   
     

 

SEMESTER III

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 22301

Bahasa Inggris II

2(2-0)

Wajib

Bahasa Inggris

2

UBP 22312

Manajemen Keuangan I

3(3-0)

Wajib

Akuntansi Dasar Keu I

3

UBP 22311

Akuntansi Biaya

3(3-0)

Wajib

Akuntansi Dasar I

4

UBP 22332

Teori Ekonomi Mikro I

3(3-0)

Wajib

Peng. Ekonomi Mikro

5

UBP 22315

Manajemen Pemasaran I

3(3-0)

Wajib

Peng.Manajemen

6

UBP 22317

Manajemen SDM I

3(3-0)

Wajib

-

7

UBP 22320

Matematika Ekonomi & Bisnis

3(3-0)

Wajib

-

Jumlah

20

 

 

     

 

SEMESTER IV

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 22430

Studi Kelayakan Bisnis

2(2-0)

Wajib

-

2

UBK 22401

Perencanaan Karir dan Pengembangan Diri

3(3-0)

D

Manajemen SDM 1

3

UBK 22402

Manajemen Jasa

3(3-0)

S

Manajemen Pemasaran I

4

UBK 22403

Analisis Kinerja Keuangan

3(3-0)

K

Manajemen Keuangan I

5

UBP 22431

Teori Ekonomi Makro I

3(3-0)

Wajib

Peng. Ekonomi Makro

6

UBP 22413

Manajemen Keuangan II

3(3-0)

Wajib

Manajemen Keuangan I

7

UBP 22416

Manajemen Pemasaran II

3(3-0)

Wajib

Manajemen Pemasaran I

8

UBP 22429

Kewirausahaan I

3(3-0)

Wajib

-

9

UBP 22418

Mjn.SDM II

3(3-0)

Wajib `

Mjn.SDM I

Jumlah

20

 

 

     

 

SEMESTER V

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 22521

Metode Penelitian Bisnis

3(3-0)

Wajib

Statistik I

2

UBP 22529

Kewirausahaan II

3(3-0)

Wajib

Kewirausahaan I

3

UBP 22514

Manajemen Operasional I

3(3-0)

Wajib

-

4

UBP 22525

Perilaku Organisasi

3(3-0)

Wajib

 

5

UBK 22504

Manajemen Investasi & Portofolio

3(3-0)

K

Manajemen Keuangan I

6

UBK 22505

Riset Pemasaran

3(3-0)

S

Manajemen Pemasaran I

7

UBK 22506

Kepemimpinan dan keahlian Manajerial

3(3-0)

D

Manajemen SDM I

8

UBP 22510

Ekonomi Manajerial

3(3-0)

Wajib

Teori Mikro

Jumlah

18

   

 

       

SEMESTER VI

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 22608

Bank dan Lembaga Keuangan

3(3-0)

Wajib

-

2

UBP 22627

Etika Bisnis

3(3-0)

Wajib

-

3

UBP 22607

Akuntansi Manajemen

3(3-0)

Wajib

-

4

UBP 22623

Mnj. Usaha Kecil dan Koperasi

3(3-0)

Wajib

-

5

UBP 22619

Manajemen Strategi

3(3-0)

Wajib

-

6

UBP 22609

Ekonomi Islam

3(3-0)

Wajib

-

7

UBA 22601

Komunikasi Bisnis*)

3(3-0)

Pilihan

-

8

UBA 22602

Manajemen Resiko *)

3(3-0)

Pilihan

-

9

UBA 22603

Teknik Pengambilan Keputusan

3(3-0)

Pilihan

-

Jumlah

21

   
           
         

    KURIKULUM MBKM

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 12417

Interpreting

2(2-0)

Wajib

 

2

MBP 21635

Kebijakan Fiskal dan Moneter

3(3-0)

Wajib

 

3

MBP 21619

Eko.SDA dan Lingkungan

3(3-0)

Wajib

 

4

MBP 21621

Ekonomi Sumberdaya Manusia

3(3-0)

Wajib

 

5

MBA 21602

Ekonomi Kependudukan *

3(3-0)

Wajib

 

6

MBA 21603

Administrasi Pembangunan *

3(3-0)

Wajib

 

7

MBA 21601

Ekonomi Keu.Daerah *

3(3-0)

Wajib

 

Jumlah

20

   
     

 

SEMESTER VII

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 22724

Penganggaran Perusahaan

3(3-0)

Wajib

-

2

UBK 22707

Mjn. Keuangan Internasional

3(3-0)

K

Mjn.Keuangan I

3

UBK 22708

Prilaku Konsumen

3(3-0)

S

Mjn Pemasaran I

4

UBK 22709

MSDM Internasional                                             

3(3-0)

D

Mjn.SDM I

5

UBA 22704

Bisnis Internasional

3(3-0)

Pilihan

-

6

UBA 22705

Perpajakan

3(3-0)

Pilihan

-

7

UBA 22706

Manajemen Perbankan

3(3-0)

Pilihan

-

8

UBP 22726

Manajemen Informasi

3(3-0)

Wajib

-

Jumlah

18

   
           
         

    KURIKULUM MBKM

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

MBP22724

Penganggaran Perusahaan

3(3-0)

Wajib

-

2

MBK22707

Mjn. Keuangan Internasional

3(3-0)

K

-

3

MBK22708

Prilaku Konsumen

3(3-0)

S

-

4

MBK22709

MSDM Internasional

3(3-0)

D

-

5

MBA22704

Bisnis  Internasional

3(3-0)

Pilihan

-

6

MBA22705

Perpajakan

3(3-0)

Pilihan

-

7

UBA22706

Manajemen Perbankan

3(3-0)

Pilihan

-

8

MBP22326

Manajemen Informasi

3(3-0)

Wajib

-

9

MBP22730

Laporan  Magang

2(2-0)

Wajib

-

Jumlah

20

   
         

SEMESTER VIII

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBR 22804

Kuliah Kerja Nyata

4(4-0)

Wajib

-

2

UBF 22802

Skripsi 

4(4-0)

Wajib

Metodologi Penelitian Bisnis

Jumlah

8

   
       
         

    KURIKULUM MBKM

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBF22802

Skripsi

6(6-0)

Wajib

Metodologi Penelitian Bisnis

Jumlah

6

   
               

 

 

Keterangan

K (wajib konsentrasi Mjn . keuangan),    S (wajib konsentrasi  Mjn.pemasaran), D (wajib konsentrasi Mjn. SDM) . Total Sks keseluruhan  144 SKS

 

Agama

Matakuliah ini  mempelajari konsep ajaran islam dengan benar dan mahasiswa diharpkan dapat menunjukkan kesadarannya untuk mengalalkan ajaran islam dlam kehidupan sehari hari,baik dalam  kehidupan ekonomi bermasyaraka dan berpolitik

 

 

 

 

Pancasila 

Matakuliah ini membahas Pancasila Sebagai Pandangan Hidup, Dasara Negara,Konsep Negara Pancasila.Hakikat Bangsa dan Kebangsaan. Hakikat Ketuhanan Nilai Budaya ,Perjuangan Bangsa,  UUD 1945,  Pancasila dalam ketatanegaraan,Pancalisa dalam reformasi

 

Pengantar Ekonomi Mikro

Matakuliah ini mempelajari ilmu ekonomi secara individual, barang, konsumsi, produksi, demand , supply, dan interasksi konsumen produsen dalam skala perusahaan

 

Pengantar Manajemen

Mata kuliah ini mempelajari konsep-konsep, prinsip-prinsip, teknik-teknik, proses dan sistem manajemen. Dalam aplikasinya menggunakan landasan filosofis, teori dan pembentukan keterampilan profesional berdasarkan kompetensi manajerial, serta tanggung jawab sosial dan etika, baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional. membantu mahasiswa dalam memperluas pengetahuan tentang Manajemen baik dari teori, konsep, proses. Teknik, dan Mekanisme manajemen untuk mengembangkan ketrampilan mahasiswa dalam penerapan konsep-konsep manajemen

 

Akuntansi Dasar Keuangan  I

Matakuliah ini membahas pentingnya akuntansi, jenis perusahaan dan transaksi keuangan dan siklus akuntansi baik diperusahaan dagang maupun industry

 

Ilmu Alamiah Dasar

Matakuliah ini mempelajari konsep dan fenomena alam semesta, garis-garis alam dan interaksinya yang menunjukkan kebesaran dan kekuasaan sang pencipta

 

Bahasa Inggris

Matakuliah ini  mengembangkan ketrampilan bahasa inggris mahasiswa, mempelajari pemahaman kata benda, pembentukan kata benda dan kata lain, Position Of Modifier of Nouns, Comparizon of Adjective and adverbs, countable and uncountable nours, verbs , auciliary verb and present tens, listening, speaking, reading.

 

Statistik I

Matakuliah ini merupakan mempelajari penyajian dan pengumpulan data serta pengolahannya seterusnya perhitungan nilai statistic probabilita, angka indeks dan deret

.

Pengantar Ekonomi Makro

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah dasar pada  Program S-1 Manajemen. Selesai mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami masalah, konsep, serta prinsip dasar ilmu ekonomi makro; mampu menggunakan konsep serta prinsip dasar ilmu ekonomi makro dalam memahami berbagai maslah ekonomi nasional. Dalam mata kuliah ini dibahas tentang makroekonomi dalam persperktif filsafat ilmu, penawaran dan permintaan agregat pendapatan nasional, pengangguran dan inflasi, konsumsi, tabungan dan investasi, penadapatn nasional keseimbangan, peranan pemerintah dalam makroekonomi, perdagangan internasional, uang dan bank, pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, dan perencanaan ekonomi

 

Bahasa Indonesia

Matakuliah ini memfokuskan kepada peningkatan kompetensi mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia sesuai EYD, dimulai dari penggunaankalimat yang sempurna, pelaporan, penulisan paragraph , pengembangan pokok pikiran guna mendukung peningkatan kemampuan mahasiswa dalam penelitian.

 

 

 

Aplikasi Komputer

Mempelajari Tentang Program-program dan Soft ware yang dibutuhkan mahasiswa dalam penelitian dan penulisan skripsi.

 

Akuntansi Dasar Keuangan II

Matakuliah ini mempelajari akuntansi kas,piutang, persediaan barang dagangan, aktiva tetap, penyusutan, akuntansi surat berharga, saham ,obligasi dan akuntansi investasi jangka panjang.

 

Statistik II

Statistika II merupakan mata kuliah lanjutan dari Statistika Dasar yang mengandung muatan materi yang memberi kemampuan kepada mahasiswa untuk memahami pengertian statistika inferensial, peran dan fungsinya dalam kegiatan pengujian hipotesis, penarikan kesimpulan dan generalisasi. Mata kuliah inimempelajari pengertian dan jenis uji korelasi, pengertian dan jenis uji regresi,path analysis pengertian dan jenis uji perbedaan baik yang parametrik maupun yang non parametric terutama mempelajari peralatan statistic untuk praktik pada penelitian dan studi kasus.

 

Pengantar Bisnis

Matakuliah ini merupakan matakuliah yang memberikan pengetahuan dasar bisnis dan menjadi salah satu pelajaran penting dalam membentuk karir mahasiswauntuk menggunakan bakatnya dalam dunia bisnis. Pembahasan menekankan pada kajian konsep dan teori bisnis untuk menjelaskan dinamika bentuk bisnisserta kontribusinya erhadap perkembangan dunia usaha.

 

Budaya Melayu Jambi

Matakuliah ini mempajari Budaya Melayu Jambi dan nilai-nilai yang dianut oleh bangsa Melayu yang menjadi dasar terbentuknya norma dan aturan  dan dapat membentuk kepribadian yang selanjutnya diterapkan dalam kegiatan sehari-hari maupun dalam kegiatan bisnis.

 

Pendidikan Anti Korupsi

Mata Kuliah ini membahas mengenai pengertian korupsi, ruang lingkup, bentuk-bentuk, pembentuk perilaku koruptif. Mata kuliah ini menjelaskan pula faktor penyebab korupsi, dampak masif korupsi, nilai dan prinsip anti korupsi. Dalam pertemuan selanjutnya juga membahas mengenai upaya pemberantasan korupsi, tindak pidana korupsi dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia serta peran mahasiswa dalam gerakan anti korupsi

 

Kewarganegaraan

Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan ( Kewiraan ) bersifat wajib lulus bagi seluruh mahasiswa program S1, berbobot 2 SKS. Mata kuliah ini membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara,serta pendidikan pendahuluan bela negara agar menjadi waga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negaranya.Mata kuliah ini mengkaji : (1) .Hak dan kewajiban warga negara (2) Pendidikan pendahuluan bela negara (3) Demokrasi Indonesia (4) Hak Asasi Manusia (5) wawasan Nusantara sebagai Geopolotitik Indonesia (6) Ketahanan Nasionionalsebagai Geostrategi Indonesia (7) Politik dan Strategi nasional sebagai Implementasi Geostrategi Indonesia.

 

Bahasa Inggris II

Mata kuliah ini membahas tentang pemahaman lanjutan bagaimana mempelajari bahasa inggris, kata ganti kata bantu modal dan kata sambung, kalimat langsung dan tidak langsung, bentuk-bentuk kata tanya dalam bahasa inggris, tingkatan perbandingan, persamaan dan perbedaan, kata kerja bentuk Verb-ing dan kata kerja dasar yang didahului oleh to, selain itu juga dikaji tentang substansi passive voice dan kalimat pengandaian. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mempunyai kemampuan untuk menjelaskan berbagai struktur/gramatika bahasa inggris, jenis-jenis kata dan kalimat, teks wacana yang ditulis dalam bahasa Inggris sehingga dapat menerapkannya dalam bidang ilmu komunikasi.

Manajemen Keuangan I

Mata kuliah ini menjelaskan tentang konsep dasar teori manajemen keuangan, baik mengenai tujuan maupun tentang keputusan-keputusan keuangan dalam menjalankan fungsi manajemen keuangan. Pembahasan dilakukan secara sistematis untuk membantu pemahaman mahasiswa agar memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan pribadi maupun keuangan pada perusahaan. Topik pertama dimulai dari konsep keuangan secara umum serta bagaimana dapat menggunakan informasi akuntansi untuk dilakukan analisa keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan keuangan. Kemudian dilanjutkan dengan konsep penilaian yang didasari nilai waktu uang. Setelah memahami konsep penilaian, berikutnya dibahas tentang berbagai manajemen dalam pengelolaan keuangan perusahaan, diantaranya : manajemen  kas, manajemen modal kerja, manajemen persediaan.  Selanjutnya dikaji tentang sumber-sumber pendanaan bagi perusahaan serta teori struktur modal yang dapat diterapkan dalam suatu perusahaan.

 

Akuntansi Biaya

Matakuliah ini mempelajari konsep biaya, klasifikasi biaya, Harga Polok Produk pesanan, Harga pokok proses metode variable dan full costing maupun klasifikasi biaya dan metode alokasi biaya.

 

Teori Ekonomi Mikro I

Matakuliah ini membelajari konsep dan prilaku harga, perilaku konsumen dan produsen, struktur pasarr, strategi komperensip dan keseimbangan umum dan kegagalan pasar. Dibahas pula penggunaan teori untuk menjelaskanberbagai gejala maupun kebijakan mikro ekonomi dalam konteks perekonomian.

 

Manajemen Pemasaran I

Matakuliah ini membahas pengertian, falsafah pemasaran, sistim informasi pemasaran pasar konsumen, produsen, segmentasi pasar , bauran pemasaran , pengecer dan pedagang besar.

 

Manajemen SDM I

Matakuliah ini bertujuan memberikan pemahaman  bagi mahasiswa  bagaimana peran dan fungsi MSDM dan Manajer  SDM sebagai strategic partner dala  ushaa organisasi mencapai keunggulan bersaing. Dalam matakuliah ini dibahan kegiatan yang harus dilakukan demaartemen SDM agar organisasi dapat memiliki SDM yang kepabel dn berkomitmen dalam membangun organisasi, fungsi MSDM,  baik operasional dan managerial

 

Matematika Ekonomi & Bisnis

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang di dalamnya akan dibahas dasar-dasar matematika yang diperlukan untuk memahami fenomena ekonomi yang terjadi. Dengan pendekatan matematis, sebuah fenomena ekonomi akan dapat dianalisis secara lebih mudah dan sederhana karena variabel-variabel yang seringkali rumit dapat dinyatakan dalam bentuk simbol-simbol dan kalimat-kalimat verbal yang panjang lebar dapat dinyatakan dalam bentuk hubungan matematis. Meskipun demikian matematika tidak mungkin digunakan untuk memecahkan masalah ekonomi itu sendiri tetapi sekedar berguna sebagai alat bantu menganalisis fenomena ekonomi yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari. Matematika ekonomi dan bisnis dapat diterapkan.

 

Studi Kelayakan Bisnis

Matakuliah ini mempelajari teori dan konsep serta aplikasi penyusunan studi kelayakan  bisnis dengan penilaian dari aspek pasar, teknis, organisasi, sumberdaya manusia dan keuangan.

 

Perencanaan Karir dan Pengembangan diri

Mata Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memahami tentang Bimbingan karir, yaitu bahwa individu yang memasuki dunia kerja perlu mengatur karirnya secara tepat sehingga dapat mencapai kepuasan dan kesuksesan dalam berkarir. Mahasiswa juga diharapkan dapat mengaplikasikan teori Bimbingan Karir melalui praktek pembahasan dan pengategorisasian karir melalui individual project.

 

Manajemen Jasa

Mata kuliah manajemen jasa memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai esensi manajemen jasa yang mencangkup pentingnya mempelajari jasa, proses jasa. Mahasiswa dapat mempelajari dengan sistematis bahan kajian mengenai pelanggan jasa dan strategi pemasaran jasa. Pelanggan jasa memuat isi mengenai pengelolaan jasa, perilaku konsumen jasa, penciptaan pemasaran hubungan dan loyalitas pelanggan jasa, dan bagaimana menangani keluhan pelanggan jasa. Berhubungan dengan strategi pemasaran jasa, akan dibahas materi seputar produk jasa, penentuan harga, promosi dan edukasi dan posisioning dan desain jasa. Selain itu dibicarakan mengenai isu-isu mengenai penghantaran jasa dan bagaimana mengintegrasikan pemasaran jasa dengan bidang operasi dan sdm. Bahan-bahan tersebut dilengkapi dengan analisis kritis dan sistematis terhadap berbagai kasus manajemen pemasaran jasa yang terjadi pada berbagai perusahaan baik nasional maupun global.

 

Analisis Kinerja Keuangan

Mata kuliah ini bertujuan untukmemperkenalkan konsep, metode dan tehnik penilaian kinerja perusahaan berdasarkan informasi yangdisajikan pada laporan keuangan baik perusahaan jasa maupun dagang, sehingga hasil penilaian kinerjatersebut dapat bermanfaat dalam pengambilan keputusan management.

 

Teori Ekonomi Makro I

Mata Kuliah ini bertujuan memberikan pendalaman tingkatan menengah (intermediate) teori ekonomi makro,dan meliputi pokok-pokok bahasan utama baik dalam perekonomian tertutup maupun terbuka, antara lainperihal, indikator-indikator ekonomi makro seperti produk domestik bruto, kesempatan kerja dan pengangguran,inflasi, keseimbangan eksternal dan pembentukan nilai tukar.Mata Kuliah ini juga memberikan pemahaman tentang elemen-elemen pembentuk permintaan dan penawaranagregatif, teori pertumbuhan ekonomi serta kebijakan ekonomi, baik fiskal maupun moneter serta dampaknyaterhadap perekonomian. Studi kasus tentang dampak kebijakan ekonomi terhadap perekonomian Indonesia juga menjadi bagian dari mata kuliah ini. Disamping pendekatan kualitatif, pendekatan dengan menggunakanmetode kuantitatif, grafis dan empiris diajarkan dalam mata kuliah ini dengan tujuan agar para mahasiswa mendapatkan keterampilan analisis yang memadai

 

Manajamen Keuangan II

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari manajemen keuangandan diperuntukkan bagi mahasiswa yang mengambil konsentrasi keuangan. Pokok bahasan dalam mata kuliah ini dapat dibagi menjadi tiga topik utama. Bagian pertama mengulas konsep biaya modal baik individual maupun total, bagaimana penentuan struktur modal optimal, teori struktur modal dan kebijakan dividen yang dapat memaksimalkan nilai perusahaan. Selanjutnya bagian kedua membahas manajemen modal kerja sebagai penggunaan financial toolsuntuk membantu perusahaan mencapai tujuannya dalam bentuk kebijakan pengelolaan dan pembiayaan. Sedangkan bagian terakhir mengulas beberapa topik khusus dalam manajemen keuangan (derivatif, manajemen keuangan multinasional, pembiayaan campuran, merger dan akuisisi)

 

Kewirausahaan I

Matakuliah ini bertujuan menggali potensi mahasiswa kearah kewirausahaan dan lam menemukan ide, reality , menilai dan merancang strategi pasar, menyusun perencanaan strategis, meningkatkan jiwa dan kempuan bewirausaha agar mereka tidak tergantung pada dunia kerja.

 

Manajemen Pemasaran II

Pada mata kuliah ini  merupakan mata kuliah lanjutan dari manajemen pemasaran I dimana pada pembelajaran ini diharapkan mahasiswa memahami proses manajemen pemasaran, danmampunmerencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pemasaran pada suatu perusahaan dengan harapan mahasiswa memperoleh kemampuan manajerial. Selanjutnya pemahaman berkaitan dengan bagaimana merancang strategi dan kebijakan pemasaran yang berorientasi pada konsumen sasaran.

 

 

Manajemen SDM II

Matakuliah ini  bertujuan memberikan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai pengelolaan sumberdaya manusia dalam organisasi perusahaan yang terus berkembang baik secara lokal, nasional maupun internasional, mampu memahami manajemen sdm secara komplehensif dan  menginplementasikan teori SDM untu memecahkan masalah yang dihadapi dalam persoalan bisnis dan perusahaan.

 

Metode Penelitian Bisnis

Matakuliah ini menjelaskan prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai kegiatan yang dimaksudkan untuk mengembangkan ilmu. Lebih dari itu mahasiswa dapat mengajikan dan menyelesaikan proposal skripsi setelah menempuh materi metodologi penelitian bisnis ini. Materi kuliah meliputi tahapan penelitian, pelaksanaan sampai kepada penulisan dan penyajian laporan penelitian

 

Kewirausahaan II

MK ini bertujuan agar mahasiswa memahami konsep kewirausahaan, mempelajari kompetensi kewirausahaan dan mampu menerapkan kompetensinya dalam berwirausaha. Pada pembelajaran MK ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan tentang bagaimana mengidentifikasikan peluang dan memapping ide-ide bisnis, mampu mempelajari dan mengidentifikasi peluang bisnis di era digital dan memotivasi mahasiswa untuk bisa mengembangkan perilaku, pengetahuan dan kompetensi kewirausahaan. Selain mengarahkan mahasiswa untuk bisa membangun jiwa kewirausahaan juga membantu mahasiswa menganalisis situasi mikro dan makro dan bagaimana menciptakan nilai dalam proses inovasi mempertahankan bisnis. Selain konsep Enterpreneurship, mahasiswa juga dijelaskan tentang konsep Social Enterpreneurship dimana tidak hanya mengarahkan untuk profit oriented saja tapi juga perlu adanya social motif (seperti konsep CSR, etika bisnis, pemberdayaan ekonomi dll) karena konsep dualism motive yaitu profit motif dan social motif.

 

Manajemen Operasional I

Mata kuliah ini menjelaskan tentang pengelolaan transformasi  input menjadi output, menentukan   keputusan strategis dan   taktis di bidang produksi danoperasi baik untuk organisasi      yang mengarah pada orientasi keuntungan maupun  organisasi sosial.

 

Perilaku Organisasi

Matakuliah ini memberikan  pengetahuan konseptual dan empiris tenteng structural dan fungsi prilaku manusia dalam organisasi. Pusat bahasan adalah berbagai pengaruh prilaku terhadap kinerja. Dan prodiktivitas pada ingkatan individual, kempompok kerja dan organisasil Penjelasan prilaku organisasi ini memberikan acuan bagi usha untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam organisasi.

 

Manajemen Investasi & Portofolio**)

Matakuliah ini menjelaskan beberapa pokok bahasan mengenai pasar aktiva keuangan, jenis aktiva keuangan yang diperdagangkan, sekuritas, analisa obligasi penilaian saham biasa dan surat berharga derifatifnya, termasuk analisis portofolio, capital asset pricing model dan investasi internasional.

 

Riset Pemasaran**)

Mata Kuliah ini menjelaskan langkah-langkah spesifikasi     pengumpulan analisis dan interpretasi informasi yang   menghubungkan organisasi dengan pasarnya, identifikasi    masalah dan peluang pemasaran, penyusunan serta evaluasi   dalam pemasaran

 

Kepemimpinan  & Keahlian Manajerial **)

Matakuliah ini didesain untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai gaya, prinsip, model dan aplikasi praktis kepemimpinan dalam organisasi. Matakuliah ini mencakup materi tentang hubungan karyawan dan pemimpin, pendekatan kepemiminan dan keahlian manajerial, motivasi dan komunikasi, kerjasama tim, penggunaan kekuasaan, pengembangan masalah kepercayaan, negosiasi, perubahan efektif, etika kepemimpinan, matakuliah ini menekankan pemecahan kasus-kasus yang relevan untuk memperdalam pemahaman mahasiswa mengenai kekpeminpinan dan keahlian manajerial.

 

Ekonomi Manajerial

Matakuliah ini menjelaskan penerapan teori ekonomi dan alat-alat analisis pengambilan keputusan manajerial dalam satu organisasi untuk mencapai tujuan secara efisien. Dalam matakuliah ini  dijelaskan fungsi manajerial dalam pengambilan keputusan  melalui pembahasan konsep ekonomi mikro, pengukuran variable ekonomi estimasi maupun desk research.

 

Bank dan Lembaga Keuangan

Matakuliah ini menjelaskan tentang lembaga keuangan dan bank khususnya agar mahasiswa mengenaldan mengetahui secara lebih mendalam tentang fungsi, keguaaan dan manfaat dari lembaga keuangan baik bank maupun non bank.

 

Etika Bisnis

Matakuliah ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan etika, kesadaran etis dan prilaku etika bagi seorang manajer, wirausaha maupun pelaku bisnis lainya.materi menyangkut pengetahuan etika , sprekturum dalm etika, etika pada bisnis dan profesi, etika terhadap karyawan, teman sejawat, atasan, masyarakat sekitar perusahaan, pesaing, konsumen dan stake holder perusahaan, serta isu-isu dalam profesi dan pengembanganya.Mahasiswa diharapkan mampu merefeksikan  etika untuk  meningkatkan kesadaran diri, prilaku etis pada kehidupan bisnis dan bermasyarakat.

 

Akuntansi Manajemen

Matakuliah ini lmempelajari  akuntansi manajemen, informasi akuntansi, manfaat informasi penuh dalam penentuan harga pokok proses dan transfer, penggunaan informasi akuntansi, dan penggunaan informasi akuntansi untuk pertanggungjawaban.

 

Mnj. Usaha Kecil dan Koperasi

Matakkuliah ini dirancang untuk membantu mahasiswa memahami berbagai aspek yang terkait dengan praktik-praktik manjemen untuk usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi, mulai dari merencanakan, mengorganisasikan, memimpin serta mengawasi kegiatan anggota organisasi dan menggunakan  semua sumberdaya organisasi untuk mencapai sasaran  organisasi yang sudah ditetapkan.

 

Manajemen Strategi

Matakuliah ini mempelajari hirarki strategi dalam manajemen, proses manajemen strategic, pengembangan dan kemampuan konsep , metode kasus dan audit strategic, analisis lingkungan internal dan eksternal, serta implementasi strategic.

 

Manajemen Perbankkan

Matakuliah ini bertujuan memberikan dasar pengetahuan dan implementasi tentang pengelolaan lembaga perbankan dengan penekanan pada bank komersial sebagi suatu badan usaha. Cakupannya merujuk pada Undang-undang perbankan, yaitu bank komersial yang berdasarkan system bunga dan sistim sariah ( bagi hasil).Topik penting yang akan dibahas adalah peranan lembaga keuangan, penilaian kinerja bank, kesehatan bank, manajemen dana pihak ketiga, manajemen kredit , analisis kredit, manajemen likuiditas dan manajemen gab.

 

Ekonomi Islam

Matakuliah ini mempelejari sistim dan mekanisme perekonomian berdasarkan prinsip Alqur’an dan hadist. Didalamnya dipelajari kajian mikro dan makro secara konsep islam , mekanisme konsumsi, produksi , distribusi, pasar , transaksi keuangan termasuk lembaga keuangan syariah.

 

Komunikasi Bisnis*)

Matakuliah ini mempelajari peran komunikasi dalam dunia bisnis, gaya dan penempilan dalam berkomunikasi, unsure-unsur komunikasi, proses dalam menyampaikan pesan bisnis dan keuntungan menjadi motivator komunikasi dunia bisnis.

 

Manajemen Risiko*

Matakulliaha ini mempelajari berbagai bentuk risiko yang dihadapi dalam bisnis. Risiko yang sistimatis dan tidak sistimatis dan cara mengatasi risiko serta mampu mengukur besarnya risiko secara kuantitatif untuk dasar pengambilan keputusan bisnis.

 

Tekhnik Pengambil Keputusan*)

Matakukliah ini di pelajari dalam rangka memperdalam wawasandibidang kajian ilmu masajemen. Ruang lingkup materi terdiri atas pengertian, hakekat pengambilan keputusan, proses dan mekanisme pengabilan keputusan, jenis dan tipe keputusan, tehnik-tehnik pengambilan keputusan, analisis keputusan dan simulasi pembuatan keputusan

 

Penganggaran Perusahaan

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar sistem penganggaran,   langkah-langkah   penyusunan anggaran penjualan, anggaran     produks,i anggaran   bahan baku, anggaran tenaga kerja   anggaran biaya  overhead  dan biaya umum, proyeksi    laba/rugi, capital budgeting, dan penyusunan  proyeksi arus   kas dan analisis anggaran.

 

Mjn. Keuangan Internasional**)

Mahasiswa diharapkan dapat memiliki bekal pengetahuan mengenai bagaimana cara mengelola keuangan perusahaan multinasional dengan baik. Pengelolaan keuangan perusahaan multinasional akan berbeda dengan perusahaan domestik dalam beberapa hal. Pembelajaran matakuliah ini akan membekali mahasiswa pengetahuan mengenai sistem moneter internasional, neraca pembayaran, pasar valuta asing dan penentuan kurs mata uang asing. Selanjutnya, setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai futures dan opsi valuta asing, kondisi paritas internasional, manajemen eksposur transaksi, eksposur dan manajemen konversi, manajemen modal kerja multinasional, pembiayaan operasional luar negeri (pembiayaan internasional dan pasar keuangan internasional), portofolio internasional, dan analisis investasi luar negeri.

 

Perilaku Konsumen**)

Mata kuliah ini membahas mengenai faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk memahami perilaku konsumen yang akan menjadi referensi kebijakan penentuan harga, pola distribusi, desain produk dan desain promosi. Dalam mata kuliah ini juga akan diperkenalkan teori-teori dasar dan temuan tentang tingkah laku konsumen.

 

Manajemen SDM Internasional

Matakuliah ini mempelajari bagaimana  perencanaan , pengorganisasian dan pengawasan dari SDM lintas negara dan bagaimana mempersiapkan SDM yang dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja internasional.

 

Bisnis  Internasional *)

Matakuliah ini membahas bisnis internasional, teori perdagangan internasional, kebijakan ekonomi dan perdagangan internasinal.Matakuliah ini merupakan matakuliah pendukung  kompetensi lulusan dengan melengkapi pemanaham tentang bisnis keuangan internasional.

 

Perpajakan *)

Matakuliah ini memmpelajri pengertian dan fungsi papajak, pajak peghasilan PPh pasal 21, 22,23,24,25 , PPn dan PPn BM serta  PBB.

 

 

 

Manajemen Perbankan*

Matakuliah ini bertujuan memberikan dasar pengetahuan dan implementasi tentang pengelolaan lembaga perbankan dengan penekanan pada bank komersial sebagi suatu badan usaha. Cakupannya merujuk pada Undang-undang perbankan, yaitu bank komersial yang berdasarkan system bunga dan sistim sariah ( bagi hasil).Topik penting yang akan dibahas adalah peranan lembaga keuangan, penilaian kinerja bank, kesehatan bank, manajemen dana pihak ketiga, manajemen kredit , analisis kredit, manajemen likuiditas dan manajemen gab.

 

Manajemen Informasi

Mata kuliah Manajemen Informasi ini merupakan mata kuliah dimana mahasiswa diharapkan mampu mengerti dan memahami mengenai konsep manajemen informasi dan informasi manajemen sebagai sarana manajemen dalam pengambilan keputusan dalam mengendalikan suatu organisasi baik institusi akademik maupun dunia bisnis yang modern ;Bagaimana menggunakan teknologi informasi untuk mendapatkan keunggulan kompetitif bagi individu maupun organisasi. Selain itu dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat simulasi dalam hal pengambilan keputusan

 

Kebijakan Fiskal dan Moneter

Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan bekal teori, analisis, maupun keterampilan teknis yang berkaitan dengan kebijakan fiskal dan moneter di Indonesia. Ada tiga hal penting yang mempengaruhi pokok pembahasan mengenai kebijakan fiskal dan moneter di Indonesia sekarang ini, yaitu : 1) Mekanisme politik dalam pembuatan kebijakan fiskal dan moneter, 2) Kebijakan desentralisasi fiskal, dan 3) Efektivitas pembiayaan publik untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

Ekonomi SDA dan Lingkungan

Sumber daya alam dan lingkungan memiliki hubungan timbal balik dengan arus kegiatan ekonomi. Matakuliah Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan membahas sumber daya alam dan lingkungan yang berperan sebagai masukan (input) sekaligus sebagai faktor yang akan terpengaruh oleh kegiatan produksi dan konsumsi. Teori ekonomi mikro dan makro digunakan untuk memahami isu-isu alokasi sumber daya alam dan masalah kerusakan lingkungan; serta membahas kebijakan untuk mengatasi masalah sumber daya alam dan lingkungan, baik kebijakan yang berdasarkan pada mekanisme pasar (market-based instruments) maupun yang tidak berdasarkan mekanisme pasar (non-market-based instruments). Pembahasan mencakup beberapa jenis sumber daya alam, seperti: mineral, hutan dan sumber daya air; serta, masalah lingkungan, termasuk polusi dan perubahan iklim.

 

Ekonomi Sumber Daya Manusia

Matakuliah Ekonomi Sumber Daya Manusia bertujuan memberi pemahaman tentang bekerjanya pasar tenaga kerja dan kinerja yang dihasilkan, pengambilan keputusan pekerja maupun calon pekerja serta kebijakan pemerintah di bidang ketenagakerjaan. Dengan menggunakan landasan teori Mikro dan Makro akan dibahas topik-topik seperti penawaran tenaga kerja dan investasi modal manusia, family economics, penentuan dan struktur upah, serikat pekerja dan collective bargaining, diskriminasi di pasar tenaga kerja, produktivitas tenaga kerja serta pengangguran.

 

Ekonomi Kependudukan

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, penawaran, pasar tenaga kerja serta masalah yang timbul dari aspek permintaaan, penawaran, dan pasar tenaga kerja dan alternatif kebijakan dalam memecahkan masalah tersebut baik secara mikro maupun makro. Konsep demografi/kependududukan yang meliputi : fertilitas, mortalitas dan migrasi serta masalah kependudukan dan upaya penanggulangannya di Indonesia.

 

Administrasi Pembangunan

Administrasi pembangunan merupakan mata kuliah yang mempelajari birokrasi dan sistem dalam lembaga Negara, penerapannya dalam konsep pembangunan dan tata cara yang bersifat birokratif.

 

 

Ekonomi Keuangan Daerah

Matakuliah Ekonomi Keuangan membahas tentang lembaga dan instrumen keuangan sebagai pranata sektor keuangan yang secara bersama-sama dengan pranata sektor riil saling berinteraksi dan mempengaruhi perekonomian secara makro. Dengan menggunakan kerangka pikir ekonomi mikro dan makro, dibahas mengapa dan bagaimana lembaga dan instrumen tersebut bekerja menjalankan mekanisme transmisi dalam lingkungan yang penuh dengan ketidakpastian. Materi pokok: (1) Fungsi intermediasi lembaga keuangan non-bank; (2) Struktur tingkat bunga; (3) Surat-surat berharga di pasar keuangan; dan (4) Efisiensi pasar.

 

Bisnis  Internasional *)

Matakuliah ini membahas bisnis internasional, teori perdagangan internasional, kebijakan ekonomi dan perdagangan internasinal.Matakuliah ini merupakan matakuliah pendukung  kompetensi lulusan dengan melengkapi pemanaham tentang bisnis keuangan internasional.

 

Laporan Magang

Matakuliah ini adalah matakuliah lapangan yang mengembangkan softskill mahasiswa dalam hal hidup bermasyarakat, berorganisasi , berhubungan dengan  orang atau organisasi lain, mengelola sumberdaya, mengelola perbedaan, membangun empati dan kepedulian pada masyarakat

 

Kuliah Kerja Nyata

Matakuliah ini adalah matakuliah lapangan yang mengembangkan softskill mahasiswa dalam hal hidup bermasyarakat, berorganisasi , berhubungan dengan  orang atau organisasi lain, mengelola sumberdaya, mengelola perbedaan, membangun empati dan kepedulian pada masyarakat

 

Skripsi 

Skripsi merupakan titik kulminasi dari seluruh proses yang telah dilalui mahasiswa serta evaluasi terhadap kematangan mahasiswa setelah mengikuti seluruh aktivitas kuliah. Dalam hal ini mahasiswa diarahkan untuk memiliki kemampuan menulis dan berfikir secara ilmiah dengan menggunakan metode  penelitian (research).Penelitian dalam skripsi ini berkaitan  dengan  dimensi konsentrasi yang dipilih pada program studi manajemen.