Fakultas Ekonomi | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

Profil Program Studi Magister Manajemen

Ketua Program Studi : Dr. M. Zahari, MS, SE, M.Si

Sekretaris Prodi       : Dr. Ali Akbar, SE, MM

 

Visi Prodi Magister Manajemen

Pada tahun 2030 Program Studi Magister Manajemen Unbari menjadi pusat unggulan dalam pembelajaran dan pengembangan keahlian manajerial atas dasar akhlak mulia untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Misi Prodi Magister Manajemen

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas, efisien, efektif dan akuntabel dengan suasana akademik yang kondusif untuk membentuk sumber daya manusia yang memiliki keahlian manajerial yang profesional, berakhlak mulia, dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menumbuhkembangkan kemampuan intelektualitas berpikir ilmiah yang rasional melalui penelitian dan kajian ilmiah.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan menjalin kerjasama antarlembaga/instansi dalam kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

 

Tujuan Prodi Magister Manajemen

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki keahlian manajerial yang profesional, berakhlak mulia dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan penelitian dan kajian ilmiah yang inovatif  dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan di bidang keahlian manajerial.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dan terjalin hubungan kerjasama yang baik antarlembaga/instansi pemerintah atau perusahaan dalam kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

 

Sasaran Prodi Magister Manajemen

  1. Terciptanya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang professional, memiliki keahlian manajerial, berakhlak mulia, dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Terciptanya penelitian dan pengkajian ilmiah yang inovatif dan dapat dimanfaatkan dalam pengembangan keahlian manajerial.
  3. Terciptanya pengabdian kepada masyarakat dan terealisasinya kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi, instansi pemerintah atau perusahaan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

 

Profil Kompetensi  Lulusan Prodi Magister Manajemen

  1. Managerial Professional skill

       Lulusan memiliki kompetensi keahlian manejerial yang professional pada bidangnya yaitu kemampuan memimpin organisasi atau orang lain, sehingga dapat diterapkan bagi mereka yang berkeinginan membangun karir dalam birokrasi (lembaga sektor publik) atau menjadi manejer/pimpinan dalam suatu perusahaan/industri (sektor swasta dan BUMD/BUMN), maupun organisasi sosial kemasyarakatan lainnya.

         2.  Academic skill

       Lulusan memiliki kompetensi keahlian akademis yaitu kemampuan memahami ilmu pengetahuan dan riset, yang dapat diterapkan bagi mereka yang berkeinginan membangun karir sebagai akademisi atau menjadi peneliti dan berkaitan dengan memberikan layanan pendidikan (sebagai dosen/peneliti atau tenaga kependidikan). Bila berkarir sebagai dosen, maka lulusan Prodi MM FE Unbari akan mampu melakukan riset atau penelitian yang sifatnya terapan, dan jika berkarir sebagai tenaga kependidikan (administrasi) akan mampu memberi pelayanan yang baik dalam pengelolaan administrasi akademik.

        3.  Business entrepreneur skill

       Lulusan memiliki kompetensi keahlian berjiwa bisnis yang dapat diterapkan bagi mereka yang berkeinginan membangun karir sebagai wirausahawan atau usaha sendiri sehingga mampu memberi kontribusi dalam penciptaan lapangan pekerjaan, baik di bidang manufaktur maupun bidang jasa.

 

Kurikulum Program Studi Magister Manajemen

SEMESTER I

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 23101

Manajemen Keuangan

3(3-0)

Wajib

-

2

UBP 23102

Manajemen Sumber Daya Manusia

3(3-0)

Wajib

-

3

UBP 23103

Manajemen Operasional

3(3-0)

Wajib

-

4

UBP 23104

Manajemen Pemasaran

3(3-0)

Wajib

-

Jumlah

12

 

 

 

SEMESTER II

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 23201

Manajemen Strategi

3(3-0)

Wajib

-

2

UBP 23202

Ekonomi Manajerial

3(3-0)

Wajib

-

3

UBP 23203

Kepemimpinan dan Keahlian Manajerial

2(2-0)

Wajib

-

4

UBF 23201

Metode Penelitian Bisnis

3(3-0)

Wajib

-

5

UBP 23204

Hukum Bisnis

3(3-0)

   

Jumlah

14

 

 

 

SEMESTER III

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 23301

Manajemen Investasi

3(3-0)

Wajib

-

2

UBP 23302

Manajemen Keuangan Internasional

3(3-0)

Wajib

-

3

UBP 23303

Lembaga Keuangan dan Pasar Modal

3(3-0)

Wajib

-

4

UBP 23304

Seminar Akuntansi Manajemen

3(3-0)

Wajib

-

Jumlah

12

 

 

 

SEMESTER IV

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBR 23301

Seminar Penelitian Tesis

1(1-0)

Wajib

-

2

UBR 23302

Tesis

5(0-5)

Wajib

-

Jumlah

6

 

 

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Pemasaran

SEMESTER I

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 23101

Manajemen Keuangan

3(3-0)

Wajib

-

2

UBP 23102

Manajemen Sumber Daya Manusia

3(3-0)

Wajib

-

3

UBP 23103

Manajemen Operasional

3(3-0)

Wajib

-

4

UBP 23104

Manajemen Pemasaran

3(3-0)

Wajib

-

Jumlah

12

 

 

 

SEMESTER II

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 23201

Manajemen Strategi

3(3-0)

Wajib

-

2

UBP 23202

Ekonomi Manajerial

3(3-0)

Wajib

-

3

UBP 23203

Kepemimpinan dan Keahlian Manajerial

2(2-0)

Wajib

-

4

UBF 23201

Metode Penelitian Bisnis

3(3-0)

Wajib

-

5

UBP 23204

Hukum Bisnis

3(3-0)

   

Jumlah

14

 

 

 

SEMESTER III

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 23305

Pemasaran Internasional

3(3-0)

Wajib

-

2

UBP 23306

Riset Pemasaran (seminar)

3(3-0)

Wajib

-

3

UBP 23307

Pemasaran Strategik

3(3-0)

Wajib

-

4

UBP 23308

Perilaku Konsumen

3(3-0)

Wajib

-

Jumlah

12

 

 

 

SEMESTER IV

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBR 23301

Seminar Penelitian Tesis

1(1-0)

Wajib

-

2

UBR 23302

Tesis

5(0-5)

Wajib

-

Jumlah

6

 

 

 

Mata Kuliah Konsentrasi Sumberdaya Manusia

SEMESTER I

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 23101

Manajemen Keuangan

3(3-0)

Wajib

-

2

UBP 23102

Manajemen Sumber Daya Manusia

3(3-0)

Wajib

-

3

UBP 23103

Manajemen Operasional

3(3-0)

Wajib

-

4

UBP 23104

Manajemen Pemasaran

3(3-0)

Wajib

-

Jumlah

12

 

 

 

SEMESTER II

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 23201

Manajemen Strategi

3(3-0)

Wajib

-

2

UBP 23202

Ekonomi Manajerial

3(3-0)

Wajib

-

3

UBP 23203

Kepemimpinan dan Keahlian Manajerial

2(2-0)

Wajib

-

4

UBF 23201

Metode Penelitian Bisnis

3(3-0)

Wajib

-

5

UBP 23204

Hukum Bisnis

3(3-0)

   

Jumlah

14

 

 

 

SEMESTER III

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBP 23309

Evaluasi Kinerja Manajemen

3(3-0)

Wajib

-

2

UBP 23310

Budaya Organisasi

3(3-0)

Wajib

-

3

UBP 23311

Perencanaan SDM

3(3-0)

Wajib

-

4

UBP 23312

Riset SDM dan Manajemen Tim

3(3-0)

Wajib

-

Jumlah

12

 

 

 

SEMESTER IV

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

STATUS

MK PRASYARAT

1

UBR 23301

Seminar Penelitian Tesis

1(1-0)

Wajib

-

2

UBR 23302

Tesis

5(0-5)

Wajib

-

Jumlah

6

 

 

 

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

  1. Mata Kuliah Inti

MANAJEMEN KEUANGAN

Tujuan mata kuliah ini untuk mempersiapkan mahasiswa untuk dapat menjalankan tugas keuangan perusahaan yaitu investing dan financing dengan tujuan pengoptimalkan nilai perusahaan.

Cakupan materi: pengolahan aset dan piutang, penilaian dan biaya modal, penganggaran modal, surat berharga, struktur modal dan dividen, pengelolalan kas, modal kerja, leasing option.

Bahan bacaan:

1.   Arthur J Keown, John D Martin, J William Petty, David F Scot, 2005, Financial Management, Principles and application, tenth. Edition, Prentice Hall. USA

2.   James C Van Horne and John M. Wachowicz, Fundamentals of Financial Management and PH Financial Center CD, 2001, Eleventh Edition, Prentice Hall Inc. USA

 

Manajemen Sumberdaya Manusia

Tujuan mata kuliah ini untuk memperoleh pengetahuan tentang Manajemen Sumberdaya Manusia dan aplikasinya. 

Cakupan materi : Peran sumberdaya manusia dalam manajemen strategi organisasi modern, struktur dan manajemen sumberdaya manusia, perencanaan dan pengadaan sumberdaya manusia, pelatihan dan pengembangan, penilaian, evaluasi pekerjaan, karir, sistem Imbal jasa dan hubungan industri pansacila.

Bahan bacaan:

  1. Noe, Hollenbeck, Gerhart, Human Resource Management, 6th Edition, MC Graw Hill. 2008.
  2. Dessler, Gray Human Resource Management, 10th Edition Prentice Hall Internasional Inc. 2005.
  3. Bernardin, John. Human Resource Management, 3rd Edition, MC Graw Hill, 2003.
  4. Johen, G.R Organization Theory, Prentice Hall, 2000.
  5. Gary. D, Human Resources Management, Prentice Hall, 2003.

 

Manajemen Operasional

Diharapkan mahasiswa dapat  menguasai perangkat analisis untuk memecahkan masalah produksi, kemampuan untuk mengatur kegiatan produksi yang dimulai dari perencanaan, penggunaan input tenaga kerja, modal, mesin, material dan informasi serta meningkatkan produktivitas dan efektifitas produksi dalam manufacturing modern.

Cakupan materi: Perancangan produk, strategi proses, kurva belajar, Analisis dan perancangan kerja peramalan, perancangan kapasitas, perencanaan fasilitas job standart perencanaan agregat, penjadwalan manajemen persediaaan, material requerement planning (MRP), TOC/TQM, Value Analysis/ value Engineering, just in time dan total production maintenance

Bahan bacaan:

  1. Heizer, Jay and Barry Render, (2004) : Operations Management, 7th Edition, Prentice Hall (HR).
  2. Schroeder, Roger G, 2004: Operations Management: Contempory Concepts and Caces, 3rd  Edition, MC Graw Hill.
  3. Chase, R.B Aquilano, N.J, Operation Management For Competitive Advantage, 11th Edition, MC Graw Hill, 2006.
  4. E.E. Adam & R.J. Ebert, Reduction and operation management Prentice Hall, new jersey, New edition
  5. R.T. Lubben. Just in time manufacturing Strategiy, McGrow Hill, New Edition.

 

 

Manajemen Pemasaran

Diharapkan mahasiswa dapat menguasai pengetahuan dan kemitraan tentang konsep-konsep kunci manajemen pemasaran dan paradigma pemasaran yang digunakan, memahami konteks dan lingkungan sekitar manajemen pemasaran, penganalisis peluang-peluang pemasaran, menguasai pengetahuan dan kemahiran untuk menetapkan strategi dan teknik pemasaran, khusus yaitu service dan pemasan internasional, menguasai kemahiran dalam mengendalikan kegunaan pemasaran.

Cakupan Materi: Membahas konsep-konsep kunci dalam rangka memahami manajemen pemasaran, menganalisis peluang-peluang pemasaran, menetapkan strategi pemasaran, menetapkan teknik ( program) pemasaran pemesanan khusus yaitu sevice dan pemasaran internasional, melaksanakan dan mengendalikan program pemasaran.

Bahan bacaan:

  1. Kotler, Phiplip, 2003, Marketing Management, Prentice Hall, London
  2. Mullins, John Orville C. Walker, Harper W Boyd, Jr dan Jean claude Laneche, 2005, Marketing Management A Strategic Decision Making Approach, McGraw Hill, Singapura
  3. Peter, J, Paul and James H, Donnelly, Jr, 2004, Marketing management Knowledge and Skill, McGrow-Hill, Singapura
  4. Guittinan, Joseph P, Gordon W, Paul and Thomas J, Madden, 1997, Marketing Manajement Strategic and Programs, McGrow-Hill singapura
  5. Johnson, Jphny K, 2006, Global marketing, McGrow-Hill Singapura
  6. Cateora, Philip and John Graham, 2005, International Marketing McGrow-Hill Singapura
  7. Nargunkar, 2004, Service Marketing A 7 P framework, McGrow-Hill Singapura

 

Manajemen Strategik

Tujuan mata kuliah ini untuk memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam proses perumusan strategi. Khususnya strategi pada tingkat (level) corporate dan unit usaha (SBU) serta memperkenalkan dan melatih sejumlah instrumen analisis yang lazim digunakan dalam proses pemilihan strategi dan implementasinya memahami perkembangan konsep-konsep terbaru (key management models) dalam bidang manajemen.

Cakupan materi: Evaluasi manajemen strategik dan fokus permasalahan manajemen strategik, menyingkap rahasia perusahaan unggul, ruang lingkup dan pendekatan dalam manajemen strategik, proses perumusan strategi dan analisa SWOT, teori-teori portpolio bisnis (BCG, GE, ADL), icon kompetisi inti, analisa industri dan strategi bisnis, implementasi strategi dan organisasi.

Bahan Bacaan:

  1. J.H Powel (2003), Game Theory in Strategy Oxford University Press.
  2. Barney, J.B, Gaining and Sustaining Competitive Advantage, 3/e Upper Saddle River, NJ : Pearson Education, Inc. 2007.
  3. Child, J and Faulkner, D Strategies of Coorperation : Managing Alliances, Network and Joint Venture : Oxford University Press, 2005.
  4. Fleisher, Craig S, and Babette E.B, Strategic and Competitive Analysis : Methods and techniques for Analyzing Business competition, New Jersey, Upper Saddle River : Pearson Educational, Inc 2003.

 

Ekonomi Manajerial

Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam perencanaan teori ekonomi untuk menganalisa permasalahan bisnis yang dihadapi perusahaan dalam proses pembuatan keputusan dan perumusan kebijakan bisnis yang efektif dan efisien.

Cakupan materi : Konsep permintaan dan penawaran, Produksi dan analisis marginal, Konsep laba dan optimalisasi laba, elastisitas dan economic of scale, struktur pasar, penetapan harga, persaingan, hubungan biaya volume dan laba analisis komperatif statistik.

Bahan Bacaan:

  1. Allen Bruce, Management Economic, Harper Collins Second Edition, Edisi terbaru
  2. Douglas E.J. Managerial Economics, Analysis and strategy prentice Hall. Edisi terbaru.
  3. Mansfield E, Managerial Economic, Irvan, edisi terbaru
  4. Porter MA, Competitive Strategy Tecnique for analizing industries and competition free, edisi terbaru
  5. Salvatore D. Managerial Economic in a global Economy, mc Gwow-Hill, edisi terbaru
  6. Thomson A.A and J.P. Formby, economics of the firm, theory and prentice hall, edisi terbaru.

 

Kepemimpinan dan Keahlian Manajerial

Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa mampu mengetahui peran pemimpin dalam berbagai kontek organisasi dan lingkungan serta mengenali kekuatan dan kelemahan diri sebagai pemimpin dan manajer, analisis kecenderungan sikap dan tingkah laku, mampu melakukan dianogsa situasi, analisa persoalan dan pengambilan keputusan menguasai hubungan internasional.

Cakupan materi : Peran pemimpin dalam organisasi dan kepemimpinan, kelemahan dan kekuatan pemimpin, analisa situasi, analisa teknik hubungan internasional

Bahan bacaan:

  1. David Whetten & Kim Cameroon, Developing Management Skills, Pearson Education, 2005
  2. Gibson, james L, John M Ivancevich ,  Donenenelly, 2003
  3.  Baron, Robert A., Jerald Greenberg, behavior in organization, 2003

 

Metode Penelitian Bisnis

Diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep penelitian dengan tepat serta mampu menentukan permasalah, mendesain, melaksanakan, mengevaluasi dan membuat laporan hasil penelitian untuk tujuan praktis dalam menunjang kegiatan perusahaan khususnya di bidang pemasaran dan keuangan.

Cakupan materi: Konsep dan langkah penelitian, perumusan masalah, hipotesis penelitian theorical framework, persiapan data, penentuan alat analisis dan pengolahan data serta penetapan kesimpulan penelitian, implikasi dan saran serta teknik penulisan laporan penelitian, aplikasi penelitian pada bidang keuangan / pemasaran

Bahan bacaan:

  1. Sekaran, Uma, 2006, Researce Methods of business, Askill Buildins Approach.
  2. Malhorta Narest, K., 1999, Marketing Reaseaarch an applied orientation, Prentice Hall, Englewood New Jerrsey.
  3. Aker, Kumar, Day, 2001, Marketing research, seventh edition, John Wiley & Son Inc.
  4. Jogiyanto, 2010. Metode Penelitian Bisnis “Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman”. Yogyakarta BPFE UGM.

 

Tesis

Tujuan mata kuliah ini:

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa untuk menyusun rencana penelitian terapan atau kajian kasus nyata atau implementasi model dengan metodologi yang dikembangkan ke dalam problem dibidang kuliahnya secara analitis, kritis dan mandiri.

Bahan bacaan:

  1. Hussey, J dan Hussey, R, Business Research: A Practical Guide for Undergraduated and Post Graduate Student, MacMillan Business.
  2. Program studi Mgister Manajemen Pedoman Penyusunan Tesis: Jambi: Program studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Batanghari, 2015.

 

  1. MATA KULIAH KONSENTASI

KONSENTRASI KEUANGAN

 

Manajemen Keuangan Internasional

Tujuan mata kuliah ini untuk memberikan konsep dan metode analisis yang  dapat dipergunakan sebagai dasar dalam proses pengambilan keputusan dalam bidang keuangan (termasuk teori dan pengetahuan kewirausahaan) serta memberikan kemampuan menganalisis pengaruhnya atas perencanaan keuangan internasional dan penanaman modal asing seperti adanya pengaruh faktor fluktuasi nilai tukar mata uang dan perpajakan.

Cakupan materi : Pasar keuangan dan pembentukan suku bunga, evaluasi kinerja keuangan perusahaan, nilai waktu dari uang, evaluasi dan karakteristik surat berharga, pembentukan rencana bisnis, biaya modal dan capital budgeting international cost of capital dan international capital budgeting, kondisi kesulitan keuangan serta penanaman modal asing.

Bahan Bacaan:

  1. Eitemen, David K, Stonehill, Arthur I, Moffett, Michall H, Multinational Business Finance, Addison Wesley (Internasional Edition), Tenth Edition, 2004.
  2. Eun, Cheoul S, Resnick, Bruce G, Internasional Finance Management, MC Graw Hill (Internasional Edition) Third Edition, 2004.
  3. Husted, Steven, and Melvin, Michael, Internasional Economics Pearson Addison Wesley (Internasional Edition), sixth Edition, 2004.
  4. Krugman, Paul R, and Obstfeld, Maurice, Internasional Economics : Theory and Policy, Addison-Wesley, Fifth Edition. 2000.

 

Lembaga Keuangan dan Pasar Modal

Tujuan mata kuliah ini memberikan pemahamanan tentang sistem keuangan dalam perekonomian  fungsi dan operasional lembaga keuangan serta arus modal dalam pasar keuangan dengan penekanan pada bidang perbankan dan bidang pasar modal.

Cakupan materi: Pengetahuan kebijakan moneter, pasar uang, operasi bank umum, internasional banking, pengetahuan umum pasar modal, peraturan pasar modal, mekanisme go public, perdagangan saham, pengelolaan investasi dan reksadana.

Bahan bacaan:

  1. Sauder, Anthony and Cornett, Marcia Millon (2003) 4th Edition, Finance Institation Management : A Risk Management Approach, MC Graw Hill.
  2. Mishkin, Frederic A., 2000, Financial market and institusionan 3th edition, Addison Wesley Longman Inc, USA
  3. Siamat, Dahlan, 2001, Manajemen lembaga keuangan, 3th edisi, lembaga penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila, Jakarta

 

Manajemen Investasi

Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa dapat menguasai konsepsional tentang strategi dan teknik investasi dalam surat berharga, dengan kemampuan untuk memperhitungkan resiko dan imbalan (return) yang sesuai tujuan perusahaan, kemampuan dalam perencanaan keuangan dan peningkatan nilai perusahaan.

Cakupan materi: Prinsip dan teknik analisis dan pemilihan portpolio surat berharga, hubungan antara resiko dan imbalan, evaluasi kinerja investasi, teori pasar modal dan efisiensi pasar, capital asset modal dan efisiensi pasar, capital asset pricing model, erbitrage pricing theory, pasar obligasi, inflasi dividen dan pajak, options dan future

Bahan bacaan :

  1. Bodie, Zvi, Alex kane dan AJ Marcus (BKM), 2005 Invesment *th, Edition, Irwin McGrow Hill.
  2. Damodaran, Aswath (2006), Investment Valuation : Tool and Techniques for determining The Value any Reset, University Edition, John wiley and Son, New York.
  3. Gitman, L,J and Joehnk, M.D (2006), Fundamental of Investing, sixth Edition, Harper Collins College Publishers, New York.
  4. Asnawi, said Kelana & Chandra Wijaya, 2005, Riset keuangan: Pengujian-Pengujian Empiris, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

 

Seminar Akuntansi Manajemen

Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa mampu memahami current issue di bidang penelitian akuntansi manajemen mutakhir mampu mengenal dan memahami teori kontingensi, teori agency dan issue mutakhir yang berkaitan dengan akuntansi manajemen.

Cakupan materi:  Contingensy Theory, agency Theory , Behavioral Issue in management Accounting, Manajegerial Accounting change for the 1990’s, balance Score Card Issue dan activity based Cost and activity base Manajement.

Bahan bacaan:

  1. Hitlon, Ronald W, Managerial Accounting, MC Graw Hill International Edition, 7th Edition, 2007.
  2. Atkinson, Banker, Kaplan and Young, Management Accounting, Fourth Edition International Series, Prentice Hall Internasional, New Jersey, 2004.

 

 

KONSENTRASI PEMASARAN/ BISNIS

Manajemen Pemasaran Internasional

Tujuan mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang teori dan praktek dalam pemasaran internasional.

Cakupan materi: Kerangka pemasaran internasional, sistim informasi dan riset pemasaran internasional, Analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Pemilihan pasar internasional dan penentuan tujuan perusahaan.

Bahan bacaan:

  1. Sol Onkvisil dan John J Shaw International marketing, ” Analisis & Strategi Maxwell Macmillan Int. Edition”
  2. Waren J Keegan, Global Marketing Management, Fourth Edition Prentice-Hall international Edition

 

Perilaku Konsumen

Tujuan mata kuliah  untuk membahas konsep-konsep teoritis tentang perilaku konsumen besarta aplikasi materi konseptualnya pada strategi pemasaran serta pengambilan keputusan pemasaran di sektor swasta, publik merupakan non laba.

Cakupan materi: Sebuah model yang menjelaskan bahwa proses keputusan konsumen untuk pembelian itu dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan ekstern seperti sub budaya, kelas sosial, kelompok sosial, keluarga dan orang lain serta dipengaruhi oleh faktor- faktor intern atau disebut determinan individu, seperti kepribadian, konsep diri, motivasi, pengolahan informasi, belajar dan memory, sikap beserta perubahannya.

Bahan bacaan :

  1. Engel james F. Blackvell Roger d, and miniard Paul, 2001, Consumer Behavior, 9 th Edition, Harcourt
  2. Peter J Paul, and olson Jerry C, 2002, Consumer Behavior and Marketing Strategy, Sixth Edition, McGrow-Hill International Edition
  3. Schiffman, 2002, Consumer Behavior, 2 Th edition, Prentice Hall

 

Pemasaran Strategis

Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa dapat merancang strategi pemasaran dengan pendekatan kepemimpinannya secara lengkap dan pandangan yang realistik dari pemasaran dan aturan operasional dan hubungannya dengan organisasi.

Cakupan materi: marketing Manajemen Process, Analizing Conditions marketing Evoluation

Bahan bacaan:

  1. Cravens, David W and Nigel F. Piercy. 2009. Strategic Marketing. New York : MC Graw-Hill.
  2. Lovelock, Chiristopher H and Jochen wirtz. 2005 Services Marketing in Asia. Second Edition. Prentice-Hall Internasional, Inc.
  3. Walker. Orville C et al 2014. Marketing Strategy A decision-Focused Approach. Eight Edition. New York. MC Graw Hill.
  4. Hooley, Graham ; Nigel F Piercy : Brigitte Nicoulaud. 2012. Marketing Strategy and Competitive Positioning. Fifth Edition. PT. Prentice Hall.

 

Seminar Riset Pemasaran

Tujuan matakuliah ini agar mahasiswa dapat menguasai teknik-teknik perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan penulisan laporan hasil riset pemasaran secara mandiri dan profesional dengan landasan metodologi riset tehnik analisis kuantitatif, bivariat, multivariat dan teknik untuk tujuan praktis dalam menunjang kegiatan pemasaran perusahaan.

Cakupan materi: Metode riset pemasaran, proses dan jenis Riset pemasaran, proses dan prosedur pengumpulan data, analisis dan penafsiran data, penulisan laporan dan teknik presentasi hasil Riset pemasaran

Bahan bacaan:

  1. Kotler, Philip dan Kevin L. Keller (2009), Marketing Management, the 13th Edition, Pearson Internasional Edition.
  2. Malhotra. K Naresh, Riset Pemasaran, 2004. PT. Indeks Gramedia.
  3. Artikel dan kasus-kasus yang terkait dengan topik yang akan didiskusikan.

 

 

Konsentrasi Sumberdaya Manusia

a.   Budaya Organisasi

Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa dapat memahami pesan budaya dalam organisasi, kemampuan mengembangkan budaya perusahaan demi pertumbuhan yang sehat dan menyelaraskan system manajemen dengan system budaya daur hidup organisasi untuk memajukan perusahaan secara efektif dan kompetitif.

Cakupan materi: Budaya nasional sebagai supra system, peran budaya dalam organisasi, faktor yang mempengaruhi budaya organisasi, kepemimpinan dan budaya organisasi, pembentukan dan perpaduan berbagai budaya, pengelolaan budaya majemuk dan organisasi

Bahan bacaan:

  1. Stepphen P Robbins-Timothy A Judge, 2009, Organizational Behavior, 13th Edition. Pearson Eduction Inc. Salemba Empat.
  2. Hockman & Silva, Creating Excelence, culture strategy and change in the age, new american library, 2001
  3. Dr. Andreas A Donard Jaja, Sistem Nilai manajemen Indonesia, PT Pustaka Banaman Peresindo, Jakarta, 2004

 

b.   Evaluasi Kinerja Manajemen

Tujuan mata kuliah ini untuk memberikan teori dari ketrampilan untuk merancang dan melaksanakan evaluasi kinerja dan penerapan system imbal jasa untuk memotivasi keryawan dan meningkatkan kemampuan serta pertumbuhan organisasi.

Cakupan materi: Proses perencanaan evaluasi kinerja kinerja, bentuk-bentuk evaluasi kinerja masa lalu masa kini, kriteria evaluasi, pelaksanaan evaluasi, penafsiran data evaluasi kinerja, aspek hukum evaluasi kinerja berdasarkan insentif, pengukuran kinerja dan produktivitas dan presentasi.

Bahan Bacaan:

  1. Robert Bacal, (2001) Performance Management.
  2. Wether and Keith Davis, Human Resources and Personnel Management, MC Graw Hill. 2002.
  3. Elaine D Pulakos, (2009) Performance Management A New Approch for Driving Business Resuls Willy Black Wels.
  4. Michael Amstrong (2009) Hand Book of Performance Management, KOgan Page, London.
  5. Surya Dharma, 2009. Management kinerja, Filsafah teori dan penerapannya. Pustaka Belajar, Yogyakarta.

 

Perencanaan Sumberdaya Manusia

Tujuan mata kuliah ini agar mahasiswa dapat memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang perencaaan sumberdaya manusia dan aplikasinya.

Cakupan Materi:

Prakiraan Ekonomi, Prakiraan Pasar Tenaga Kerja, Strategic Bisnis Perusahaan dan Rencana Organisasi Kebijakan SDM dan metode Perencanaan SDM, Stalling Rekrutment, Seleksi, Penempatan Promosi, transfer. Perkembangan SDM, Pelatihan Perencanaan Kinerja Evaluasi Kerja, Persediaan SDM, Analisis dan Evaluasi Rencana Vesus hasil serta mutu rencana dan mutu evaluasi kinerja

Bahan bacaan:

  1. D.W jarrel, Human resource Planning, prentice Hall, 1993
  2. K. Walker, Human Recource Planning, McGrow Hill, 1980
  3. E.H. Burack, Creative Human Recource Planning and Application, A. Strategic Approach, prentice Hall

 

Seminar Sumberdaya Manusia dan Manajemen Tim

Tujuan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui berbagai hal mutahir yang berdampak strategis bagi kegiatan usaha di Indonesia. Sumber informasi yang utama adalah dari para praktisi dan atau ahli yang menekuni bidang yang dibahas. Bidang-bidang tersebut belum tercakup dalam berbagai mataajaran yang ada di dalam program, namun dirasakan sangat diperlukan sebagai manajer dan perusahaan tempat peserta berkarya. Cakupan Materi: Isu-isu konseptual teoritis maupun praktek MSDM berdasarkan hasil penelitian maupun studi kasus.

Buku bacaan:

  1. Beatty, Carol A. and Barker Scptt, Brenda A, 2004,
  2.  Building Smart Teams: A Roadmap to Hight Performance, response Books.
  3. Berbagai artikel dan hasil penelitian yang relevan.

REFERENSI

  1. Liliana Sugiharto, 2013. Alternatif Penyusunan Kurikulum Mengacu pada KKNI
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014, Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  3.  Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Inidonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 Tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi.
  5. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  6. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  7. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012, Tentang Pendidikan Tinggi.
  8. Hendrotomo, KKNI dan Implikasinya pada Dunia Kerja dan Perguruan Tinggi, Tim KKNI Belmawa Dikti.
  9. Hendrotomo, Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi, Tim KKNI Belmawa Dikti.
  10.  Hendrotomo, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu KKNI & SN Dikti. Tim Pengembang Kurikulum Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dikti.
  11. Hendrotomo, Jumlah Sks Program Pendidikan Dan Besaran Sks Mata Kuliah, ITS Surabaya.
  12. Hendrotomo, Usulan Program Pengembangan Kurikulum Di Perguruan Tinggi, ITS Surabaya.
  13. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi tahun 2014, Direktorat Pembelajaran & Kemahasiswaan, Dirjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan & Kebudayaaan.