• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

06 Mei 2017, oleh admin Print
SEMINAR NASIONAL “PELUANG, TANTANGAN, DAN KEBIJAKAN DALAM MENGURANGI KEMISKINAN MELALUI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN” UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI

Masalah kemiskinan dianggap sebagai salah satu hal yang menghambat proses pembangunan sebuah negara. Salah satu negara yang masih mengalami masalah sosial ini salah satunya adalah bangsa Indonesia. Angka kemiskinan di tingkat masyarakat masih cukup tinggi. Meskipun oleh lembaga statistik negara, selalu dinyatakan bahwa setiap tahun angka kemiskinan cenderung menurun. Kemiskinan merupakan masalah kompleks yang dihadapi oleh seluruh pemerintahan yang ada di dunia ini. Beberapa faktor yang saling berkaitan antara lain tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan, akses barang dan jasa, lokasi geografis, gender dan kondisi lingkungan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka menuju kehidupan yang lebih bermartabat. Oleh karena itu, kemiskinan wajib untuk ditanggulangi, sebab jika tidak tertanggulangi akan dapat mengganggu pembanguan nasional.

Dengan adanya kegiatan seminar nasional ini, UNBARI lewat sambutan Rektornya, Bapak Fachruddin Razi menyampaikan harapannya agar dapat menjadi upaya aktif perguruan tinggi untuk mendukung Indonesia dalam menghadapi masalah kemiskinan. Selain dapat meningkatkan awareness tentang pengurangan kemiskinan di lingkungan perguruan tinggi, kegiatan seminar ini dapat memberikan masukan yang konstruktif bagi para pemangku kebijakan pada pemerintah daerah khususnya provinsi Jambi.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 6 Mei 2017 ini dibuka secara langsung oleh Bapak Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli, dan menghadirkan Pembicara Utama Ketua Aptisi Pusat Bapak M. Budi Djatmiko, Ketua Koordinator Kopertis Wilayah X Bapak Heri, Rektor UNJA yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Program Magister Ilmu Ekonomi UNJA Bapak H. Syamsurizal Tan, Rektor STIA Prima Sengkang Sulawesi Selatan, Bapak H. Imran Ismail, serta Staf Ahli Gubernur, Bapak Ir. Husni Jamal.

Hadir juga pemakalah dan peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan tamu undangan dari berbagai institusi baik dari perguruan tinggi maupun institusi pemerintah dan swasta yang turut membantu suksesnya pelaksanaan acara seminar nasional UNBARI, seperti Bapak Ketua Pengurus APTISI Wilayah X-C, DPRD Provinsi Jambi, Walikota Jambi, DPRD Kota Jambi, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dan Kota Jambi, UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Bank BNI Syariah, BNI, Bank Jambi.(admin,05/2017)