• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

28 Mei 2016, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR WISUDA PROGRAM DIPLOMA, SARJANA dan PASCA SARJANA ke 39 UNIVERSITAS BATANGHARI

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yth. Bapak Gubernur Jambi
Yth. Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Provinsi Jambi
Yth. Bapak Bupati dan Walikota di Wilayah  Provinsi Jambi 
Yth. Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Jambi
Yth. Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X
Yth. Bapak Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di lingkungan Kota Jambi
Yth. Para Kepala SKPD, Kepala Badan di
       lingkungan Pemda Provinsi Jambi
Yth. Saudara-Saudara Anggota Senat Universitas Batanghari
Yth. Bapak/Ibu Dosen dan tenaga administrasi di lingkungan Unbari
Yth. Para Orang Tua dan keluarga wisudawan/ wisudawati, hadirin dan hadirat yang berbahagia.

Pertama-tama dan terutama sekali marilah kita memanjatkan Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, yang atas karunianya jualah kita dapat berkumpul disini untuk melaksanakan  suatu  kegiatan  yang sangat  penting  bagi  keluarga  besar Universitas Batanghari, yaitu Wisuda ke 39 Semester Genap Tahun Akademik 2015/2016. Sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Para Wisudawan yang berbahagia,
Hari ini ketabahan dan kesabaran saudara dalam menempuh pendidikan di Universitas Batanghari telah membuahkan hasil yang membanggakan, dengan diperolehnya gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu dan jenjang pendidikan yang saudara tempuh. Untuk itu, saya mengucapkan selamat dan turut bangga dengan prestasi Saudara tersebut, yang tentunya disertai dengan bersyukur kehadirat Allah SWT. Dan saya harap saudara mampu mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dalam profesi Saudara masing-masing secara lebih baik, disiplin, bertanggung jawab dan berkualitas. Semoga nama baru Saudara yang di ikuti dengan gelar sarjana tersebut benar-benar menggambarkan kompetensi diri pada bidang yang telah di pelajari. Saya juga berpesan bahwa untuk seterusnya nama Universitas Batanghari tetap melekat dalam kehidupan Saudara. Saya percaya bahwa Saudara akan menjaganya dengan baik, dan jangan lupa bahwa masyarakat telah menunggu karya-karya nyata Saudara. 

Atas nama segenap Civitas Akademika Universitas Batanghari, sekali lagi saya menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan atas keberhasilan Saudara menjadi Sarjana dan Magister baru sekaligus Alumni Universitas Batanghari. Kami mendo’akan agar ilmu yang saudara peroleh selama belajar di kampus tercinta ini dapat kiranya mengantarkan saudara ke jenjang keberhasilan berikutnya. 

Saudara telah berhasil melewati berbagai tantangan dan cobaan selama studi. Keberhasilan Saudara adalah berkat rahmat dan karunia Allah SWT yang ditunjang dengan kerja keras dan usaha Saudara serta tentu saja dukungan dari orangtua dan keluarga. Karena itu jadikan wisuda ini menjadi salah satu momentum untuk bersyukur kepada Allah SWT, dengan tetap memohon bimbingan dan petunjuknya untuk melangkah kedepan dengan pasti dalam upaya menyonsong masa depan yang lebih baik. Keberhasilan Saudara hari ini tidak hanya milik Saudara, tetapi ini juga merupakan keberhasilan segenap civitas akademika Universitas Batanghari, keberhasilan orang tua, keluarga dan juga sahabat yang telah ikut membantu dalam proses studi. 

Kepada orang tua, orang tua asuh, wali mahasiswa, penyedia beasiswa dan semua pihak yang turut membantu serta mendukung para mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di Unviversitas Batanghari, saya sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih. Semoga semua usaha dan kerja keras Bapak dan Ibu menjadi amal ibadah di sisi Allah Subhanahu Wataala, Tuhan Yang Maha Esa.  

Para Wisudawan yang berbahagia,
Ketika Saudara berstatus sebagai mahasiswa, Saudara  memikul tanggung jawab akademik. Kemudian ketika Saudara sudah menjadi sarjana, maka tanggung  jawab sosial berada di pundak Saudara. Tentu  saja,  setiap  individu  mengemban tanggung jawab sosial, dan setiap warga negara mengemban tanggung jawab untuk menjaga kehormatan dan kedaulatan  Negaranya. Tetapi, seorang sarjana memiliki tanggung jawab yang lebih luas, dikarenakan ilmu yang ia miliki.

Selama di kampus, Saudara mengikuti proses belajar pada program-program studi yang berbeda, dan menekuni bidang-bidang ilmu yang berbeda pula. Tetapi dibalik perbedaan tersebut, para mahasiswa dan akademisi diikat oleh prinsip pemersatu, yakni  prinsip menjunjung tinggi kebenaran ilmu. Ketika  Saudara masuk ke dunia nyata, Saudara akan menjumpai mitra-mitra atau kolega-kolega dari bidang-bidang yang berbeda. Disini, keterbukaan atas perbedaan menjadi sikap yang sangat penting. Dengan bersikap terbuka, Saudara dapat  mempelajari permasalahan di dunia nyata melalui   keaneka-ragaman perspektif. Hal ini pada gilirannya   akan memperkaya kemampuan Saudara.

 

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Sebagai perwujudan dan bentuk tanggung-jawab Universitas Batanghari kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sebagai wujud karya utama Universitas Batanghari pada masyarakat, maka pada kesempatan ini akan di wisuda lulusan Universitas Batanghari sejumlah 380 orang. Yang terdiri lulusan dari jenjang pendidikan Strata dua (S2) sebanyak 11 orang, jenjang pendidikan Strata satu (S1) sebanyak 366 orang dan jenjang pendidikan Diploma tiga (D3) sebanyak 3 orang. Pada program S2 terdiri dari 3 orang lulusan Magister Ilmu Hukum dan 8 orang Lulusan Program Magister Manajemen. Pada program S1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 64 orang, Fakultas Ekonomi 145 orang, Fakultas Hukum sebanyak 104 orang, Fakultas Teknik sebanyak 31 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 22 orang, sedangkan untuk jenjang pendidikan Diploma tiga sebanyak 3 orang dari Program Studi Teknik Listrik. Dengan diwisudanya 380 orang wisudawan pada pagi ini maka, Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 10.300 orang. Dari rekapitulasi data wisuda yang ada di Rektorat, maka tercatat sebagai wisudawan ke 10.000 adalah “Ratna Oktapianti, NIM 1200861201028, dari Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen“.

Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Dalam rangka mewujudkan akuntabilitas publik, perguruan tinggi harus secara aktif membangun sistem penjaminan mutu internal. Untuk membuktikan bahwa sistem penjaminan mutu internal telah dilaksanakan dengan baik dan benar, perguruan tinggi harus mampu meningkatkan mutu dan mengembangkan diri sebagai penyelenggara program akademik/profesional sesuai dengan bidang studi yang dikelola, dan turut serta dalam meningkatkan kekuatan moral masyarakat secara berkelanjutan.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, BAN-PT melakukan akreditasi bagi semua perguruan tinggi dan program studi di seluruh Indonesia. Akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridharma, guna menentukan kelayakan penyelenggaraan program pendidikan. Kriteria untuk mengevaluasi dan menilai komitmen tersebut dijabarkan dalam sejumlah standar akreditasi beserta parameternya. 

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sudah menetapkan bila suatu program studi dari suatu perguruan tinggi tidak terakreditasi, maka program studi tersebut tidak diperbolehkan mengeluarkan Ijazah. Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan tinggi, selain itu akreditasi juga menjadi alat untuk mengukur kesiapan suatu perguruan tinggi untuk melakukan proses pendidikan.

Untuk meningkatkan kompetensi Universitas Batanghari sebagai perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Provinsi Jambi maka, kami terus berusaha untuk meningkatkan layanan akademik, sarana dan prasarana serta melakukan re-akreditasi program studi. Pada tahun ini kami melakukan re- akreditasi pada 12 program studi dari 16 program studi yang ada. Dari 12 program studi yang di usulkan untuk re-akreditasi tersebut, sudah dilakukan visitasi oleh BAN-PT pada 7 program studi. Berturut-turut pelaksanaan visitasi tersebut adalah sebagai berikut ;
1.    Program Studi Agroteknologi
2.    Program Studi Agribisnis 
3.    Program Studi Budidaya Perikanan 
4.    Program Studi Magister Ilmu Hukum 
5.    Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia 
6.    Program Studi Pendidikan bahasa Inggris
7.    Program Studi Pendidikan Sejarah

Kami sangat berharap, kiranya program studi yang di re-akreditasi saat ini akan terjadi peningkatan peringkat akreditasi dari C manjadi B, dan dari B bisa meningkat menjadi A. 

Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Demikianlah laporan ringkas dalam rangka Wisuda ke 39 Universitas Batanghari. Laporan ini merupakan penggambaran harapan untuk kemajuan Universitas Batanghari. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama bekerja keras dengan penuh dedikasi dan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan dan memajukan Universitas Batanghari tercinta. 

Selanjutnya kami mohon kepada yang terhormat Bapak Gubernur Jambi untuk memberikan sambutan dan pengarahannya serta kepada Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X kami mohon pula untuk dapat memberikan kata sambutan. 

Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, amiin Yaa Robbal Alamin, 

Sekian dan Terima kasih.
Billahi Taufiq wal Hidayah,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.    
 
Jambi,  28 Mei 2016
Rektor,
 


H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.