KSR PMI UPT UNIVERSITAS BATANGHARI PEDULI... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

01 Desember 2015, oleh admin Print
KSR PMI UPT UNIVERSITAS BATANGHARI PEDULI HIV/AIDS

Memperingati Hari HIV/ AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2015, Korps Sukarelawan Palang Merah Indonesia atau yang sering dikenal dengan KSR PMI Universitas Batanghari menggelar aksi simpati dan peduli terhadap penderita HIV/ AIDS. Aksi ini diwarnai dengan membagikan stiker dan pita, serta menghimbau civitas akademika Unbari dan masyarakat mengenakan pita merah tersebut.   

Pita merah merupakan simbol yang memiliki sejarah. Pada tahun 1991, 12 orang seniman yang terdiri dari fotografer, pelukis, pembuat film, dan designer kostum berkumpul bersama dan menciptakan simbol pita merah dan menolak menggunakan nama pribadi, dan menjadikan Visual AIDS Artist Caucus sebagai nama pencipta pita merah tersebut. Mereka berkomitmen untuk menjadikan pita merah tersebut hanya sebagai simbol keprihatinan sosial terhadap penderita AIDS, dan bukan menjadi simbol komersial.

Warna merah sendiri dipilih karena merupakan warna darah, yang melambangkan semangat dan cinta kasih, sedangkan bentuk pita yang sangat sederhana, dipilih agar semua orang dapat membuat simbol pita merah tersebut.

Pita merah merupakan simbol internasional yang digunakan oleh seluruh warga di dunia sepanjang tahun, terutama pada hari AIDS sedunia untuk menunjukkan kesadaran dan keprihatinan terhadap penderita AIDS dan untuk mengingatkan kepada sesama, bahwa dukungan dan komitmen mereka untuk membantu penderita AIDS sangatlah penting.(admin,12/2015)