• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

30 Juli 2015, oleh admin Print
PEMBEKALAN DAN PEMBERANGKATAN 225 MAHASISWA PPL FKIP UNIVERSITAS BATANGHARI

Sebanyak 225 Mahasiswa FKIP Unbari mengikuti pem­bekalan dan sekaligus pem-berangkatan mahasiswa PPL FKIP Unbari tahun ajaran 2015-2016. Acara yang dilaksanakan di Lantai III Aula Unbari, kemarin (30/7/2015) dihadiri langsung oleh Rektor Unbari Bapak H. Fachruddin Razi, S.H., M.H., Wakil Rektor I Bapak Dr. Saiyid Syekh, M.Si., Wakil Rektor III Bapak Ir. M. Sugihartono, M.Si., Dekan FKIP Bapak Abdoel Gafar, S.Pd., M.Pd., dan Ketua Panitia Ibu Dra. Erlina Zahar, M.Pd., serta para dosen FKIP Unbari.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Dra. Erlina Zahar. M.Pd., mengatakan bahwa LPTK FKIP Unbari terus berusaha melakukan peningkatan mutu pendidikan. Seperti dalam sistim praktik lapangan. Untuk memberikan hasil yang positif, maka dilakukan pembekalan bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PPL.

"Pembekalan dasar yang diberikan adalah kemampuan standar sebagai guru profesional. Ada 4, yaitu kemam­puan pedagogi, kemampuan profesional, kemampuan per­sonal, dan kemampuan sosial. Diharapkan dengan PPL ini, mahasiswa akan memperoleh kontribusi positif. Sehingga memiliki kemampuan dan menjadi calon guru profesional," tegasnya.

Jumlah peserta PPL sebanyak 225 mahasiswa. Terbagi dari kelas reguler 198 disebar di 17 SMP, SMA sederajat di Kota Jambi. Sedangkan kelas B sebanyak 27 disebar di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi.

Dekan FKIP Unbari, H. Ab­doel Gafar, S.Pd., M.Pd., mengatakan pembekalan dilakukan satu hari. Di mana sebelumnya para mahasiswa telah mengikuti pendidikan selama 3 tahun di FKIP Unbari. "Harapan saya, mahasiswa PPL bisa mencari pengetahuan langsung dalam kegiatan belajar mengajar. Tugas seorang guru dimana harus membuat rencana pembelajaran, materi ajar dan perangkat pembelajaran. Menyusun silabus, dan menyampaikan serta membuat laporan. Ini akan jadi pengalaman dan langkah awal menjadi guru yang profesional," ujarnya.

Rektor Unbari, H. Fachruddin Razi, S.H., M.H., mengharapkan mahasiswa dapat menjaga nama baik almamater. Sehingga dalam melaksanakan kegiatan dan berhubungan dengan siswa maupun guru tetap menjaga etika. "Seorang guru ada­lah contoh bagi siswanya. Jadi harus memberikan yang terbaik. Baik perilaku mau­pun cara berpakaian. Jangan sampai saya mendapat lapo­ran yang kurang baik tentang mahasiswa Unbari. Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim, pembekalan dan pemberangkatan mahasiswa PPL FKIP Unbari dengan resmi saya buka," pungkas-nya.(admin, 07/2015)