• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

30 Juli 2015, oleh admin Print
REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI MELEPAS 208 MAHASISWA KKN TEMATIK POSDAYA

Universitas Batanghari pada Selasa (28/07/2015) kemarin melepas 208 ma­hasiswa untuk mengikuti KKN Angkatan XXXII dan KKN Tematik Posdaya Angkatan VII Se­mester Genap Tahun Ajaran 2014/2015.

Mahasiswa yang mengikuti KKN Posdaya ini diikuti oleh 5 Fakultas, dimana 103 orang maha­siswa dari Fakultas Ekonomi, 65 Orang Fakultas Hukum, 12 orang Fakultas Teknik, 23 orang Fakultas Pertanian dan 1 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Keberangkatan mereka dilepas langsung oleh Rektor Un­bari, Bapak H. Fachruddin Razi, SH, MH di halaman depan Unbari. Dalam sambutannya Rektor Unbari mengatakan, KKN Posdaya merupakan bentuk nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menempatkan mahasiswa di luar kampus. Tujuannya agar maha­siswa hidup di tengah-tengah masyarakat serta membantu masyarakat dan mendampingi masyarakat untuk memanfaatkan SDA.

“Tujuannya untuk membentuk, membina dan mengembangkan Posdaya sebagai terobosan baru dalam pemberdayaan masyarakat. Melalui pemanfaatan SDM dan SDA lokal. Keunggulannya pada 4 pilar yaitu bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lingkungan," ujar Fachruddin Razi kemarin.

Pada kesempatan itu juga dirinya meminta mahasiswa KKN Tematik Posdaya untuk menjaga nama baik almamater, serta secara cermat mendengar, melihat dan melakukan analisis ilmiah, sehingga bisa dijadikan bahan penelitian. Selain itu juga sebagai bahan untuk mencari pemecahan terhadap masalah yang dihadapi keluarga dan masyarakat di lokasi KKN Posdaya.

Sementara itu, Ket­ua LPPM Unbari, lr. Fachroerrozi Hoesni, MP yang juga Ketua Panitia KKN Posdaya Unbari mengatakan, KKN Posdaya akan berlangsung pada 28 Juli hingga 25 September 2015 mendatang. Sedangkan peserta KKN Tematik Posdaya sebanyak 208 orang dari semua fakultas yang ada di Unbari.

Lokasi KKN Posdaya bertempat di Kabupaten Muaro Jambi, di 2 kecamatan dan 13 desa, dengan rincian 1 Kecamatan Kumpeh Ulu, terdiri dari desa Muaro Kumpeh, Pudak, Tarikan, Kota Karang, Lopak Alai dan Desa Sakean. Sedangkan yang kedua yakni di Kecamatan Taman Rajo terdiri dari Desa Talang Duku, Kemingking Dalam, Kunangan, Tebat Patah, Dusun Mudo, Teluk Jambu dan Sekumbung.

“Pelaksanaan kegiatan KKN sesuai dengan kalender akademik dengan waktu lebih kurang 60 hari," aku Fachroerrozi Hoe­sni kemarin. (adm, 07/2015)