• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

30 Mei 2015, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR PADA ACARA WISUDA SARJANA ke 37 UNIVERSITAS BATANGHARI

LAPORAN REKTOR PADA ACARA WISUDA SARJANA ke 37

UNIVERSITAS BATANGHARI

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yth. Bapak Gubernur Jambi

Yth. Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Provinsi Jambi

Yth. Bapak Bupati dan Walikota di Wilayah  Provinsi Jambi

Yth. Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Jambi

Yth. Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X

Yth. Bapak Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di lingkungan Kota Jambi

Yth. Para Kepala Dinas, Kepala Badan dilingkungan Pemda Provinsi Jambi

Yth. Saudara-Saudara Anggota Senat Universitas Batanghari

Yth. Bapak/Ibu Dosen dan tenaga non dosen di lingkungan Unbari

Yth. Para Orang Tua dan keluarga wisudawan/ wisudawati, hadirin dan hadirat yang berbahagia.

Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena pada hari yang berbahagia ini kita memperoleh  nikmat dan inayah-Nya untuk dapat bersilaturahim dalam rangka  melaksanakan  suatu  kegiatan  yang sangat  penting  bagi  keluarga  besar Universitas Batanghari,  yaitu  Wisuda periode ke 37  Semester Genap Tahun Akademik 2014/2015. Selanjutnya kita sampaikan pula Sholawat dan Salam kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad S.A.W.

Sehubungan  dengan  acara  ini,  perkenankan  saya  atas  nama pribadi maupun institusi dan seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari, melaporkan bahwa pada hari ini akan mewisuda sejumlah 394 orang lulusan Universitas Batanghari, yang terdiri dari 365 orang lulusan program sarjana dan 29 orang lulusan program magister. Lulusan  ini  merupakan  salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab Universitas Batanghari kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama Universitas Batanghari. Dengan diwisudanya  394 orang wisudawan pada pagi ini maka Universitas Batanghari telah memnghasilkan lulusan sebanyak 9.553 orang.

Merupakan suatu prestasi bagi kami bahwa, dari 394 orang lulusan yang diwisuda pada periode ini, sebanyak 182 orang atau 46,2% sudah bekerja pada berbagai instansi di wilayah Provinsi Jambi, baik instansi pemerintah maupun instansi swasta. Kami mencatat bahwa setiap periode wisuda terdapat sekitar 40 – 50 % wisudawan sudah bekerja sebelum di wisuda. Artinya mereka sudah mendapatkan pekerjaan pada saat masa akhir penyelesaian studinya di Univeristas Batanghari.

Pada kesempatan yang berbahagia ini,  saya atas nama  seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari   mengucapkan   selamat   kepada   para   wisudawan   atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Universitas Batanghari.  Kepada  orang  tua,  orang  tua  asuh,  donatur,  penyedia  beasiswa, dan  keluarga  wisudawan,  saya  ucapkan terima kasih. Kemudian kepada seluruh tenaga akademik dan tenaga non akademik di lingkungan Universitas Batanghari saya juga menyampaikan ucapkan terimakasih, karena atas kerja keras dan kerjasamanya dalam melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang pendidikan dan pengajaran hingga anak-anak kita berhasil menyelesaikan studinya dan diwisuda pada pagi yang berbahagia ini.

Kita menyadari bahwa secara umum mahasiswa dipandang sebagai kelompok elite suatu negara dan bangsa. Di manapun di muka bumi ini, mahasiswa adalah investasi masa depan bagi  negara  dan  bangsanya.  Nasib  negara  dan  bangsa  di masa  depan  sangat tergantung pada bagaimana mahasiswa itu di didik saat ini.

Ketika Saudara berstatus sebagai mahasiswa, Saudara  memikul   tanggung  jawab  akademik. Kemudian ketika Saudara sudah  menjadi  sarjana,  maka tanggung  jawab  sosial  berada  di  pundak Saudara. Tentu  saja,  setiap  individu mengemban  tanggung  jawab sosial, dan setiap warga negara Indonesia mengemban tanggung jawab untuk menjaga kehormatan dan  kedaulatan  Negara  Kesatuan. Tetapi, seorang sarjana memiliki tanggung jawab yang lebih luas, dikarenakan ilmu yang ia miliki.

Selama di kampus, Saudara mengikuti proses belajar pada program-program studi yang berbeda, dan menekuni   bidang-bidang ilmu yang berbeda pula. Tetapi dibalik  perbedaan tersebut, para mahasiswa dan akademisi diikat  oleh  prinsip pemersatu,  yakni  prinsip  menjunjung  tinggi kebenaran ilmu. Ketika  Saudara  masuk  ke  dunia  nyata, Saudara akan menjumpai mitra-mitra atau kolega-kolega dari bidang-bidang yang berbeda. Disini, keterbukaan atas perbedaan menjadi sikap yang sangat penting. Dengan bersikap terbuka, Saudara dapat  mempelajari permasalahan di dunia nyata melalui  keaneka-ragaman   perspektif.   Hal   ini   pada   gilirannya   akan memperkaya kemampuan Saudara.

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia

Kita semua tentu menyadari bahwa, pada akhir tahun ini kesepakatan Masyakarat Ekonomi ASEAN atau pasar bebas ASEAN mulai berlaku. Jika ingin tetap bisa bersaing, Indonesia harus berbenah. Sebab, daya saing beberapa sektor industri utama kita masih kalah dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Sebagian kita mengkhawatirkan kesiapan Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, di mana akan tercipta integrasi 10 negara Asia Tenggara dalam suatu kawasan ekonomi eksklusif.

Sebagai bangsa yang besar, kita harus percaya bahwa pemerintah pusat maupan pemerintah daerah mempersiapkan strategi untuk menghadapi pasar bebas Asean tersebut. Sebagai institusi pendidikan tinggi, kami persiapkan kualitas sumberdaya menusia yang bisa bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi dari Negara tetangga.

Sebagai perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Provinsi Jambi, Univerisitas Batanghari terus melakukan perbaikan dan pembenahan, serta melengkapi berbagai sarana perkuliahan, seperti laboratorium, perpustakaan, ruang kelas, peningkatan kualitas dosen, peningkatan fasilitas dan sarana praktikum, perbaikan kurikulum dan lain sebagainya. Disamping itu secara rutin kami juga malakukan Audit Mutu secara Internal melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Batanghari, serta menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai instansi maupun perguruan tinggi, baik perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi  luar negeri.

Sebagai wujud dari usaha tersebut saat ini Universitas Batanghari telah memperoleh Akreditasi Institusi dari Badan Akreditas Nasional Pergurian Tinggi (BAN-PT) dengan nomor SK BAN-PT : 180/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015 tanggal 10 April 2015. Dengan demikian disamping Akreditasi Program Studi dari semua Program Studi yang ada di lingkungan Universitas Batanghari maka juga telah memperolah Akreditasi Institusi.

Akreditasi Institusi perguruan tinggi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen kami terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan yang ada di lingkungan Universitas Batanghari.

BAN-PT adalah lembaga  yang memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan menilai, serta menetapkan status dan peringkat mutu institusi perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan. Dengan demikian, tujuan dan manfaat akreditasi institusi perguruan tinggi adalah memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar serta mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.

Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi akan mengevaluasi dan menilai Institusi berdasarkan 15 kriteria kunci yaitu; Kepemimpinan, kemahasiswaan, sumberdaya manusia, kurikulum, sarana dan prasarana, pendanaan, tata pamong, system pengelolaan, system pembelajaran, suasana akademik, system informasi, system penjaminan mutu, alumni, penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta status program studi.

Keberhasilan Univeristas Batanghari bukan hanya memperoleh Akreditasi Institusi tetapi banyak keberhasilan lain yang telah kita capai, seperti dalam waktu dekat mahasiswa fakultas hukum unbari akan mewakili provinsi jambi untuk mengikuti kompetensi peradilan semu tingkat nasional di kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta pada tanggal 6 – 8 juni 2015, dan salah satu dosen unbari akan mengikuti seleksi calon hakim Komisi Yudisial Republik Indonesia. Untuk itu saya mengucapkan selamat bertanding, semoga sukses.

Semua keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras semua tim yang terlibat. Untuk itu dalam kesempatan ini saya mengucapkan terimasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Semoga kerja keras saudara menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT. Amin, amin ya Robbal Alamin…

Para wisudawan, generasi insan-insan pembangunan bangsa yang berbahagia,

Pada kesempatan ini perkenankan saya menyampaikan beberapa pesan khusus kepada Saudara yang diwisuda pada hari ini. Kepada lulusan sarjana kami harap pengalaman anda selama belajar di Universitas Batanghari telah menambah kematangan intelektual anda. Bahwasanya pendidikan pada perguruan tinggi merupakan pendidikan akhir sebelum seseorang terjun ke masyarakat dengan predikat sebagai ahli. Saudara pada hari ini secara legal diakui telah memiliki keahlian tertentu sesuai dengan gelar akademik yang tercantum di belakang nama anda. Dalam masyarakat anda sudah dianggap menjadi seorang pemimpin. Dalam budaya melayu disebutkan :

Menjadi peimimpin menurut adat

Iman kukuh amal pun taat

Fikiran jernih hati pun bulat

Terhadap yang susah ia berminat

Terhadap yang senang tiada menjilat

Mana yang jauh ia perdekat

Mana yang jarang ia perapat

Dijadikan pemimpin sentosa rakyat

Dijadikan tua ianya tepat

Dijadikan teladan ia bersifat

Dijadikan induk besar manfaat

Negeri sentosa umat selamat.

Kami berharap nama baru anda ini benar-benar menggambarkan kompetensi anda pada bidang yang telah anda pelajari di Universitas Batanghari. Saya juga ingin berpesan bahwa untuk seterusnya nama Universitas Batanghari juga tetap melekat dalam kehidupan saudara. Saya percaya bahwa anda akan dapat menjaganya dengan baik. Jangan lupa bahwa masyarakat telah menunggu karya-karya nyata saudara.

Kepada para lulusan Magister, saya berharap anda telah memiliki kematangan lebih, maka sudah sewajarnya saudara juga memiliki kompentensi yang lebih pula, sesuai dengan bidang ilmu yang saudara dalami.

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia

Kami sangat menyadari bahwa, perkembangan Universitas Batanghari tidak terlepas dari dukungan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, dan kepercayaan masyarakat Jambi pada umumnya. Karena dengan kepercayaan itulah kami menjadi lebih kokoh dan lebih besar. Kepada Bapak Gubernur kami mengucapkan terima kasih yang mendalam atas segala bantuan yang telah diberikan untuk kemajuan Universitas Batanghari. Kami percaya bahwa komitmen Bapak untuk kemajuan pendidikan di Provinsi Jambi sudah terbukti dan nyata. Komitmen tersebut juga terlihat dengan program pemberian beasiswa bagi putri-putri jambi. Kami mendoakan kiranya Bapak selalu sehat dan tetap sukses dalam memimpin jambi, untuk menuju Jambi yang ekonomi maju, aman, adil dan sejahtera.

Dalam suasana berbahagia ini dan sambil mensyukuri nikmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, kepada seluruh wisudawan yang kami lepas pada hari ini, kami menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan saudara-saudara menjadi Sarjana dan Magister baru sekaligus Alumni Universitas Batanghari. Kami mendo’akan agar ilmu yang saudara peroleh selama belajar di kampus tercinta ini dapat kiranya mengantarkan saudara ke jenjang keberhasilan berikutnya.

Selanjutnya kami mohon kepada yang terhormat Bapak Gubernur Jambi untuk memberikan sambutan dan pengarahannya serta kepada Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X kami mohon pula untuk dapat memberikan kata sambutan.

Akhirnya kami mohon maaf bila terdapat kekurangan dan kehilafan yang tentunya tidak disengaja.

Sekian dan Terima kasih.

Billahi Taufiq wal Hidayah,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.                         

Jambi,  30 Mei 2015

Rektor,

 

dto

H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.