Program SAME Scheme for Academic Mobility... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

03 November 2014, oleh admin Print
Program SAME (Scheme for Academic Mobility and Exchange) BIPA DIKTI di Universitas Mohammed V Rabat, Maroko oleh Dr. Sri Marmoah, M.Pd. Universitas Batanghari Jambi

Penyerahan plakat Univeritas Batanghari Jambi kepada Universitas Mohammed V Rabat, Maroko dalam rangka Program SAME BIPA Dikti. Program SAME BIPA Dikti ini meliputi:

1. Mobility and Exchange dalam pendidikan dan atau penelitian dengan Universitas Mohammed V Rabat.

2. Melaksanakan penugasan khusus dalam kebangsaan, khususnya pengajaran bahasa, seni, dan budaya Indonesia.

3. Menjadi dosen tamu (guest lecturer) dan peneliti tamu (visiting scientists) di Universitas Mohammed V Rabat.

4. Publikasi jurnal internasional.

5. Diharapkan dapat dilakukan kerjasama (Memorandum of Understanding) antara Universitas Batanghari Jambi dengan Universitas Mohammed V Rabat.

6. Memperkenalkan masyarakat dan budaya Indonesia di dunia internasional khususnya di negara Maroko dalam rangka meningkatkan citra positif Indonesia di luar negeri.

 

Bahasa Indonesia telah diajarkan sebagai mata kuliah di Universitas Mohamed V Rabat Maroko, yaitu dengan menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pilihan dengan 4 SKS, disamping bahasa lainnya yaitu Bahasa China, Jepang, Korea, Urdhu, dan Turki. Diharapkan pula bahwa dengan pengajaran Bahasa Indonesia di Universitas Mohammed V Rabat tersebut akan dapat meningkatkan hubungan Maroko-Indonesia di berbagai bidang khususnya bidang pendidikan, serta akan mendorong masyarakat Maroko untuk mengenal lebih lanjut mengenai budaya Indonesia.