• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

08 September 2014, oleh admin Print
PELAKSANAAN SPEKTRUM 2014 UNIVERSITAS BATANGHARI

Broni - Jambi. Welcome Mahasiswa Baru! Selamat datang di Kampus Hijau, Green Campus, University of Batanghari, demikian seruan pembuka yang dikumandangkan sebagai salam hangat dari Panitia Studi Pengenalan Kampus dan Strategi Kuliah Mahasiswa (SPEKTRUM) atau yang lebih dikenal dengan kegiatan OSPEK.

Seiring dengan namanya, kegiatan ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa, ritual penyambutan yang umum digelar dihampir seluruh perguruan tinggi di negeri ini bertujuan tidak lain adalah guna mengenalkan dan memberikan pemahaman mendalam mengenai perkuliahan dan kehidupan seputar dunia kampus.

Seperti yang dilansir dalam wawancara singkat bersama Rektor Universitas Batanghari sebagai audiens dalam acara bedah kampus Jek TV, Kamis, 11 September 2014 kemarin, “SPEKTRUM atau OSPEK membantu persiapan psikologis dan sosial untuk beradaptasi dalam kampus, bukan sekedar ajang balas dendam dan sebagainya, harus ada manfaatnya, jadi jauh dari kekerasan.”    

Bagaimana mahasiswa menjalani kesehariannya, apa saja kegiatan yang menjadi tanggung jawab dan haknya, strategi pembelajaran yang efetif, kiat menyeimbang kegiatan perkuliahan dengan organisasi, peran organisasi dan kepanitiaan dalam mengembangkan soft skill individu mahasiswa, bersosialisasi dan membangun jejaringan, kiat menjadi mahasiswa berkarakter, berbudi pekerti luhur, dan berprestasi merupakan tujuan diadakannya acara SPEKTRUM Universitas Batanghari ini.

Kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih 4 hari ini, dibagi ke dalam 2 bagian utama, yaitu SPEKTRUM tingkat Universitas dan SPEKTRUM tingkat Fakultas. Pada hari pertama SPEKTRUM dibuka di tingkat Universitas, kemudian diteruskan ke panitia tiap Fakultas (Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Ekonomi, Hukum, Pertanian dan Teknik) pada hari kedua dan ketiga. Terakhir dikembalikan ke tingkat Universitas pada hari ke-empat bersamaan penutupan acara SPEKTRUM.  

Disamping memperkenalkan seputar dunia kampus beserta serangkaian kegiatan di dalamnya, mahasiswa baru juga dibekali dengan pendidikan karakter, pelatihan kepemimpinan, penyuluhan Anti Narkoba,  sampai pembelajaran Safety Riding, yang melibatkan instansi lain seperti BNN (Badan Narkotika Nasional), Jasa Raharja, Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga), Polda Jambi, Kejaksaan, dan Mantan Alumni Unbari.

Diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa baru siap menjalani kehidupan kampusnya, siap menjadi insan yang berprestasi dalam naungan Tri Dharma Perguruan Tinggi, siap menjadi bagian dari masyarakat yang sesungguhnya. (Admin 2014)