• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

03 November 2014, oleh admin Print
Sekilas Pandang Universitas Mohammed V Rabat, Maroko, oleh Dr. Sri Marmoah, M.Pd. (Universitas Batanghari Jambi)

Pada tanggal 21 Desember 1957, Raja Mohammed V meresmikan Universitas Mohammed V Rabat, Maroko. Universitas ini didirikan sebagai langkah awal untuk modernisasi pendidikan tinggi di Maroko. Universitas Mohammed V saat ini telah bergabung dengan kawasan pendidikan tinggi Euro-Mediterania (Negara-negara Eropa dan Afrika Utara yang berada di kawasan laut Mediterania), hal ini sebagai upaya untuk pengembangan mutu pendidikan, riset, inovasi, dan keberlangsungan kualitas pelatihan. Universitas Mohammed V menyelenggarakan program pendidikan Licence (S1) selama tiga tahun, Master (S2) selama dua tahun, dan Doktoral (S3) selama tiga tahun.

Fakultas dan Lembaga:

  1. Fakultas Sastra dan Ilmu Humaniora. Mencakup bidang kajian: Kajian Islam, Filsafat, Sosiologi, Sastra Arab, Perancis, Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, Sejarah dan Peradaban.
  2. Fakultas Ilmu (Sains). Mencakup bidang kajian: Matematika, Informatika, Kimia, Biologi, Fisika, dan Administrasi.
  3. Fakultas Hukum dan Sosial Ekonomi. Mencakup bidang kajian: Hukum Publik, Hukum Privat, Ekonomi dan Manajemen.
  4. Sekolah Tinggi Teknik Mohammedia. Mencakup bidang kajian: Teknik Sipil, Teknik Mineral, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Komputer, dan Teknik Mesin.
  5. Sekolah Tinggi Teknologi Sale. Mencakup bidang kajian: Industri Pemeliharaan, Perkotaan dan Lingkungan Hidup, Manajemen dan Komunikasi Perdagangan.
  6. Institut Kajian Ilmiyah (Riset). Mencakup bidang kajian: Ilmu Tumbuhan, Ilmu Hewan, dan Ilmu Pertanahan.

Institut Kajian Bahasa Spanyol. Mencakup bidang kajian: Bahasa, Kebudayaan, dan Peradaban Spanyol.