SAMBUTAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI Pada Acara... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

23 Februari 2023, oleh admin Print
SAMBUTAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI (Pada Acara Pembekalan/Diklat KKN Tematik Posdaya Angkatan XLVIII )

(Pada Acara Pembekalan/Diklat KKN Tematik Posdaya Angkatan XLVIII Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023

Tanggal 22 Februari 2023 di Aula Abdoerrahman Sayoeti)

 

Universitas Batanghari merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki fungsi Tridharma Perguruan Tinggi, salah satu di antaranya adalah dharma pengabdian kepada masyarakat yang diwujudkan dalam program KKN (Kuliah Kerja Nyata). Hal ini perwujudan dari UU Nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 20 ayat 2 dinyatakan bahwa: Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat”. Pada pasal 24 ayat 2 disebutkan: “Perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat”. Ketiga aspek dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang, harmonis, dan terpadu dengan harapan agar kelak para lulusan Perguruan Tinggi dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, mampu melakukan penelitian, dan bersedia mengabdikan diri demi kemaslahatan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. KKN juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, dilaksanakan diluar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu. Oleh karena itu, KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, asih, dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat.

Kegiatan KKN di Universitas Batanghari merupakan salah satu program yang wajib diikuti oleh para mahasiswa dalam setiap tahun akademik sebagai matakuliah intrakurikuler. Pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) ini sejalan dengan program Pemerintah, sebagai salah satu aspek yang mendukung keberhasilan pembangunan suatu bangsa yang merupakan salah satu indikator untuk menetapkan tingkat pembangunan sumber daya manusia/Indek Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Indeks (HDI). Sesuai dengan Perpres No. 59/2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang lazim disebut SDGs (Sustainable Development Goals). SDGs sebagai komitmen global demi keberlanjutan hidup umat manusia, planet dan mencapai kesejahteraan masyarakat global, Di tingkat global terdapat dokumen yang berjudul “Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development” yang di dalamnya berisi Tujuan (Goals), Target, dan Indikator SDGs.

 

Mahasiswa Universitas Batanghari yang akan melaksanakan KKN Tematik Posdaya diharapkan menjadi contoh yang baik serta dapat menerapkan ilmu dan kemampuan yang dimiliki pada daerah-daerah lokasi KKN. Harapan kami kepada berbagai pihak yang berkompeten, untuk turut membantu pelaksanaan kegiatan KKN Unbari ini sehingga menjadi media pembelajaran praktis kepada para mahasiswa. Selanjutnya, pada akhir pelaksanaan kegiatan KKN diharapkan para mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran diri dengan realitas kehidupan bermasyarakat, meningkatkan tanggung jawab pribadi dan sosial pada berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan meningkatkan kesadaran diri dalam berperan serta selaku akademisi yang akan hidup berdampingan di tengah-tengah lingkungan masyarakat. Selamat ber-KKN, semoga dalam pelaksanaannya senantiasa dilindungi Allah S.W.T.

 

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga Pembekalan/Diklat KKN Tematik Posdaya Angkatan XLVII Semester Genap T.A. 2022/2023 yang diselenggarakan hari ini, hari Rabu Tanggal 22 Februari 2023 akan memberi manfaat bagi kita semua. Terimakasih.

 

Wabillahi taufiq Walhidayah

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI