PEMBEKALAN KULIAH KERJA LAPANGAN KKL FAKULTAS... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

31 Oktober 2016, oleh admin Print
PEMBEKALAN KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI TAHUN AJARAN 2016/2017

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) bukan merupakan hal yang asing lagi bagi mahasiswa. Kegiatan KKL merupakan kegiatan yang memadukan observasi, kunjungan dan wisata mahasiswa ke tempat - tempat, instansi, ataupun lembaga yang berkaitan dengan disiplin ilmu ataupun bidang yang ditekuni mahasiswa di perguruan tinggi. Objek kunjungan KKL mahasiswa dapat berupa tempat, instansi atau lembaga yang berhubungan dengan kewirausahaan, sains, IPTEK, maupun pendidikan.

Hal ini berbeda dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN), kegiatan KKL lebih banyak melibatkan kegiatan pengamatan atau observasi dan mahasiswa memang belum diwajibkan untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. Sedangkan kegiatan KKN memang mewajibkan mahasiswa untuk langsung memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui pengabdian dan pemberdayaan di lingkungan masyarakat.

KKL yang telah diprogramkan oleh perguruan tinggi ini memang bertujuan dalam memberikan pengalaman dan wawasan kepada para mahasiswa mengenai kehidupan di masyarakat maupun dunia kerja. Pengalaman belajar yang diperoleh dari kegiatan KKL yang didapatkan mahasiswa harapannya dapat memberikan bekal hidup dalam bersosialisasi dan mengabdi kepada masyarakat selepas dari perguruan tinggi nanti. Dengan adanya pengalaman belajar ini, akan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi keadaan masyarakat dan dunia kerja yang sesungguhnya. Melalui pengamatan ataupun observasi ketika KKL, mahasiswa akan melihat berbagai masalah serta cara menghadapi masalah tersebut  yang kadang tidak dapat dijumpai di bangku perkuliahan.

Berbicara mengenai Tri Dharma Perguruan Tinggi, KKL sendiri termasuk salah satu bentuk pelaksanaan Pengabdian. KKL UNBARI kali ini dilaksanakan (30/10/2016) oleh Fakultas Hukum UNBARI dengan peserta mahasiswa sebanyak 140 orang dari kekhususan yang berbeda seperti Pidana, Perdata, dan HTN.(admin,10/2016)