KKN TEMATIK POSDAYA UNIVERSITAS BATANGHARI UNBARI ... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

17 September 2020, oleh admin Print
KKN TEMATIK POSDAYA UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI BANTU PROGRAM KERJA PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID-19

Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi menggelar Pembukaan Diklat KKN Tematik POSDAYA Angkatan Ke-42 Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 secara daring yang dibuka langsung oleh Bapak Rektor UNBARI, H. Fachruddin Razi, M.H. dan dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A. Ph.D. selaku mantan Menko Kesra Kabinet Reformasi Pembangunan, mantan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Turut hadir dan memberi sambutan Bapak Bambang Bayu Suseno, S.P., M.M., M.Si. selaku Wakil Bupati Muaro Jambi, serta Bapak Suprayetno selaku Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Jambi. 
Ketua Yayasan Damandiri, Prof. Dr. Haryono Suyono, M.A. Ph.D. menyampaikan materi terkait “Kuliah Merdeka: Perubahan Sosial Teori dan Pengalaman”, yang dikaitkan dengan KKN Tematik Posdaya di masa Pandemik dan perannya dalam membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. 
Rektor UNBARI menyampaikan melalui KKN Tematik Posdaya ini, diharapkan berbagai program yang dilakukan di lapangan mampu memberikan dampak yang besar serta solusi bagi masyarakat sekitarnya, seperti dalam bidang kesehatan dimana turut menggalakkan implementasi pelaksanaan ketat protokol kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan lingkungan masyarakat terutama bagi warga yang terdampak secara ekonomi melalui pelatihan usaha kecil, dan di bidang pendidikan terkait membantu persoalan seputar pembelajaran daring yang terpaksa dihadapi masyarakat terutama mereka yang memiliki berbagai kendala teknis. 
Bapak Fachruddin Razi (Rektor UNBARI) berharap KKN Tematik ini dapat mendorong kontribusi konkrit mahasiswa sebagai agen perubahan untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan produktif dalam menghadapi Pandemik. 
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UNBARI Bapak Dr. Ir.  Fachroerrozi Hoesni, M.P. dalam laporannya menyampaikan bahwa sebanyak 314 Mahasiswa akan diberangkatkan pada tanggal 23 September 2020 nanti dan sebelumnya selama dua hari 16-17 September 2020 memperoleh pembekalan/ diklat KKN yang berlangsung secara daring, dengan tema “Edukasi Pencegahan dan Mengurangi Dampak Covid-19”. 
Lokasi pengabdian Insya Allah di Kabupaten Muaro Jambi yaitu di Kecamatan Mestong dan Kecamatan Sei. Bahar dengan rincian Peserta KKN Mahasiswa Fakultas Hukum sebanyak 49 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 177 orang, Fakultas Teknik sebanyak 87 orang dan Fakultas Pertanian satu orang.
Hadir juga narasumber sekaligus pengusaha yang juga merupakan Dosen Fakultas Ekonomi UNBARI Bapak Riko Mappedeceng, M.M. yang membawakan materi terkait meningkatkan potensi Desa melalui Kewirausahaan, serta Bapak Fadli Eka Yandra, M.T. selaku Dosen Fakultas Teknik UNBARI yang akan memberikan materi seputar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI).(admin,09/2020)