• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

26 November 2014, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR PADA WISUDA SARJANA KE XXXVI

PIDATO SAMBUTAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI

 

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Selamat Pagi, salam sejahtera bagi kita semua,

 

Yth.  Bapak Gubernur Jambi,

Yth.  Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Jambi,

Yth.  Bapak Bupati dan Walikota di Wilayah  Provinsi Jambi,

Yth.  Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Jambi,

Yth.  Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X,

Yth.  Bapak Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di lingkungan Kota Jambi,

Yth.  Saudara-Saudara Anggota Senat Universitas Batanghari,

Yth.  Bapak/Ibu Dosen dan tenaga administasi di lingkungan Universitas Batanghari,

Yth.  Para Orang Tua dan keluarga wisudawan/ wisudawati, Hadirin dan hadirat yang berbahagia.

 

Sebagai  pendahuluan  dari  sambutan  ini,  marilah  kita  panjatkan  puji syukur kehadirat Allah SWT, karena pada hari yang berbahagia ini kita memperoleh  nikmat-Nya  untuk  dapat  berkumpul di ruangan ini dalam rangka  melaksanakan  satu  kegiatan  yang sangat  penting  bagi  keluarga  besar Universitas Batanghari,  yaitu  Wisuda  Lulusan Universitas Batanghari ke 36, periode I Tahun Akademik 2014/2015. Sholawat dan salam semoga dicurahkan oleh Allah S.W.T kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad S.A.W.

 

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator Kopertis, Hadirin yang saya muliakan.

Sehubungan  dengan  acara  ini,  perkenankan  saya  atas  nama  institusi dan seluruh civitas akademika Universtias Batanghari ingin melaporkan bahwa pada hari ini akan diwisuda sebanyak 388 orang lulusan Universitas Batanghari,  yang terdiri dari 344 orang lulusan program sarjana, 40 orang lulusan program Magister dan 4 orang lulusan Program Diploma, yang meliputi 5 Fakultas dari 16 program studi yang ada di Universitas Batanghari. Lulusan ini merupakan salah satu bentuk perwujudan tanggung jawab Universitas Batanghari kepada Bangsa dan Negara Indonesia  dan sekaligus merupakan wujud karya utama Universitas Batanghari. Dengan diwisudanya sebanyak 388 orang lulusan pada hari ini maka, Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 9.159 orang.

Kepada orang tua, orang tua asuh, donatur, penyedia beasiswa dan keluarga wisudawan, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan, dukungan dan partisipasinya. Kita turut bersyukur, dan berbahagia atas keberhasilan anak-anak kita generasi muda penerus cita-cita bangsa yang di wisuda pada hari ini. Kemudian saya sampaikan pula ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Batanghari, atas kerja keras dan kerja samanya dalam melaksanakan tugas serta mendidik mahasiswa kita, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studinya, dan diwisuda pada hari ini.

 

Saudara-saudara Wisudawan yang berbahagia!

Wisuda merupakan suatu momentum penting dalam dunia pendidikan, wisuda juga merupakan momentum yang sangat bermakna bagi keluarga wisudawan. Momentum itu harus  diartikan sebagai saat berakhirnya tugas dan tanggung jawab Universitas Batanghari dalam mengantarkan secara formal mahasiswa menjadi lulusan sebagai insan yang berilmu dan berakhlak mulia, serta siap meniti profesi dan karir dengan andalan ilmu sesuai dengan bidang keahlian. Jadikanlah wisuda ini sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi demi keber­hasilan yang akan datang.

 

Untuk menyongsong  masa depan yang berharapan cerah Saudara-saudara telah dibekali pengetahuan dan keterampilan serta bekal hidup yang memadai. Dengan andalan empat ke­cerdasan; yaitu kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial dan kecerdasan emosional, kami yakin bahwa Saudara-saudara dapat segera mengintegrasikan diri dengan lingkungan, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan dan mampu berkom­petisi secara sehat dan sportif. Dengan kecerdasan majemuk itu pula Saudara memiliki kemampuan andal tidak hanya menjadi pencari kerja (job seeker) tetapi juga menjadi pencipta kerja (job creator). Keberhasilan sangat ber­gan­tung pada kepiawaian Saudara dalam membaca peluang dan menciptakan peluang untuk memberdayakan diri sebagai insan yang sudah memiliki penga­laman belajar dan kompetensi. Anda harus menatap masa depan dengan sikap percaya diri.

 

Kami Keluarga Besar Universitas Batanghari mengharapkan saudara-saudara pandai dan bijak dalam meman­faatkan pengalaman belajar dan hasil belajar itu demi keber­hasilan Saudara-saudara lebih lanjut. Ingatlah bahwa belajar dilakukan untuk melengkapi diri agar bermanfaat bagi orang lain dan komunitas yang labih besar.

 

Semua unsur pimpinan para dosen dan segenap karyawan universitas ini telah memberikan layanan yang terbaik demi keberhasilan saudara. Jasa mereka telah menjadi bagian kehidupan saudara. Karena itu sangat­­lah arif dan bijak jika semua layanan dan jasa yang mereka berikan itu Saudara terima seba­gai kelengkapan hidup Saudara-saudara sebagai kenangan indah yang penuh hikmah.

 

Lebih dari itu kami berharap agar Saudara-saudara Wisudawan adalah alumni peme­gang panji almamater yang senantiasa menjaga nama baik almamater. Sebagai alumni Saudara-saudara adalah bagian integral civitas aka­demika dalam membesarkan universitas tercinta ini.

 

Para Wisudawan  yang kami banggakan,

Ketika Negara sedang dihadapkan dengan berbagai   masalah, maka saudara-saudara diharapkan untuk tidak menjadi bagian atau bahkan pembuat  masalah baru. Para lulusan perguruan tinggi, yang notabene   merupakan cendikiawan sudah seharusnya ikut serta,  bahu membahu menyelesaikan masalah bangsa.

 

Kita sudah berupaya semaksimal mungkin  menghasilkan lulusan  yang  berkualitas,  yang memiliki kompetensi di dalam bidang ilmunya. Kompetensi sendiri diartikan sebagai akumulasi kemampuan seseorang dalam melaksanakan kerja secara terukur melalui asesmen terstruktur, yang mencakup aspek  kemandirian dan tanggung jawab  individu pada  bidang  kerjanya. Karena menyangkut tanggung jawab individu, maka di dalam kompetensi termasuk pula jiwa dan semangat kewirausahaan.

 

Orientasi dari kompetensi adalah pemenuhan kebutuhan stakeholders, yang mencakup kebutuhan    professional (professional needs), kebutuhan    masyarakat (social   needs), kebutuhan dunia kerja  (industrial needs) dan kebutuhan generasi masa  depan  (scientific vision aspecs). Apabila saudara-saudara  sanggup memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, maka dengan sendirinya kebutuhan untuk diri sendiri dan untuk keluarga akan terpenuhi juga.

 

Peran Perguruan Tinggi adalah pemberi modal awal untuk dikembangkan lebih lanjut lagi. Modal tersebut bisa didiamkan atau dikembangkan, tergantung kepada individu masing- masing. Agar bisa  terus  berkembang  mengikuti perkembangan zaman, janganlah berhenti belajar. Agama mengajarkan belajarlah selama hayat dikandung badan.

 

Para Wisudawan Yang Berbahagia,

Para lulusan adalah duta Universitas. Oleh karena itu, kami titipkan nama universitas ini. Ketika  saudara-saudara berhasil di masyarakat, maka nama Universitas Batanghari akan  terbawa baik juga. Sebaliknya dari itu, apabila saudara gagal, termasuk terlibat di dalam kasus-kasus yang merugikan  Negara, ama  Unbari akan  terbawa-bawa pula. Tidak  ada satupun universitas yang  mengajarkan hal-hal yang bertentangan dengan  kaidah-kaidah  kebaikan  yang  bersifat universal. Karena itu, nilai–nilai “Kejujuran, Kebenaran dan Keadilan” seharusnya tertanam pada diri setiap  lulusan. Sebagai pencerminan dari keluhuran budi, “Kejujuran,  Kebenaran dan Keadilan”  apabila  digabung dengan kemampuan ilmu pengetahuan, serta semangat pengabdian, sebagai wujud nilai  kepahlawanan pada masa keni, Insya Allah akan menjadi amunisi yang besar untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi. Kami mendoakan semoga saudara-saudara akan lebih sukses lagi, bukan hanya di dunia namun juga mendapat kebahagiaan di akhirat kelak. Ijazah yang diperoleh adalah  amanah yang  harus  dipertanggung jawabkan.  Sebagian  besar dari  biaya pendidikan yang dikeluarkan  berasal dari  masyarakat melalui negara. Berbaktilah kepada keduanya. Selain dari pada itu, apa yang saudara capai pada hari ini, tidak lepas dari jerih payah kedua orang tua. Setelah wisuda ini selesai, segeralah bersimpuh untuk mengucapkan terima kasih.

 

Atas nama civitas akademika Universitas Batanghari, kamipun mengucapkan selamat atas keberhasilan Bapak dan Ibu menghantarkan putra-putri tercinta,  menyelesaikan pendidikan di Uiversitas Batanghari. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami. Kami telah berupaya untuk melakukan yang  terbaik.  Mohon  maaf apabila masih ada hal  yang  jauh dari harapan. Kami tidak dapat membalas semua  kebaikan  tersebut,  tapi Allah  SWT mencatat semua  amal baik ini, dan Insya Allah akan membalasnya  dengan limpahan pahala yang berlipat. Hanya kepada  Allah jualah kami berserah diri dan hanya kepada  Allah  kami memohon pertolongan.

 

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator Kopertis, Hadirin yang saya muliakan.

Untuk meningkatkan kualitas mahasiswa pada bidang hukum maka, pada tanggal 30 Oktober 2014 yang lalu telah dibentuk unit pengelola biro bantuan hukum, serta pada tanggal 3 November 2014 juga telah dibentuk Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) Fakultas Hukum Universitas Batanghari.

 

Maksud dan Tujuan Biro Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Batanghari ini adalah untuk melaksanakan Program Tri Darma Perguruan Tinggi dengan memberikan layanan konsultasi hukum baik perdata, pidana, maupun tata usaha negara juga advokasi hukum bagi masyarakat yang memerlukan bantuan hukum, khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi. Disamping itu dua unit kegiatan ini nantinya akan menjadi Laboratorium bagi mahasiswa Fakultas Hukum serta memberi pelayanan kepada ruang pencarian keadilan dan untuk meningkatkan cakrawala pengetahuan bagi para mahasiswa dan tenaga pengajar Fakultas Hukum Universitas Batanghari khusnya pengetahuan praktis di bidang hukum dalam kasus nyata.

 

Demikianlah laporan yang dapat saya sampaikan pada kesemptaran ini,  selanjutnya kami mohon kepada yang terhormat Bapak Gubernur Jambi untuk memberikan sambutan dan pengarahannya serta kepada Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X kami mohon pula untuk dapat memberikan kata sambutan.

 

Akhirnya kami mohon maaf bila terdapat kekurangan dan kehilafan yang tentunya tidak disengaja.

 

Sekian dan Terima kasih.

Billahi Taufiq wal Hidayah,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.        

 

Jambi,  26 November 2014

Rektor,

 

 

H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.