• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

17 November 2018, oleh admin Print
Pidato Sambutan Rektor dalam Rapat Terbuka Senat Universitas Batanghari dalam Wisuda 44

Sebagai pembuka dari laporan ini, marilah kita memanjatkan Puji dan Syukur Kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya pada pagi ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, guna menghadiri prosesi wisuda Universitas Batanghari pada jenjang pendidikan Parscasarjana, Sarjana dan Diploma ke 44, Semester Ganjil Tahun Akademik 2018/2019. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Pada kesempatan ini, perkenankan saya atas nama pribadi dan atas nama keluarga besar Universitas Batanghari, mengucapkan terimakasih kepada para undangan dan hadirin semua, yang telah berkenan hadir dalam acara ini. Semoga niat baik Bapak dan Ibu datang untuk menghadiri wisuda ini menjadi amal ibadah disisi Allah  Amiin.

Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia, Sehubungan dengan acara hari ini, perkenankan saya untuk melaporkan bahwa lulusan yang akan di wisuda berjumlah 445 orang, yang meliputi 5 Fakultas dari 16 Program Studi yang ada di lingkungan Universitas Batanghari. Rincian dari 445 orang lulusan tersebut adalah; lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (5.2) sebanyak 43 orang, lulusan jenjang pendidikan Strata Satu (S.1) sebanyak 394 orang dan lulusan dari jenjang pendidikan Diploma Tiga (D.3) sebanyak 8 orang. Pada Jenjang endidikan S.2 terdiri dari lulusan Magister Ilmu Hukum sebanyak 37 orang dan Lulusan Program Magister Manajemen sebanyak 6 orang. Pada Jenjang pendidikan S-1 terdiri dari Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan (FKIP) seba nyak 79 orang, Fakultas Ekonomi 128 orang, Fakultas Hukum sebanyak 134 orang, Fakultas Teknik sebanyak 32 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 21 orang, sedangkan pada jenjang pendidikan Diploma Tiga berjumlah 8 orang, yaitu pada Program Studi Teknik Listrik. Dengan diwisudanya 445 orang wisudawan pada pagi ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 12.619 orang. Dari 445 wisudawan hari ini, terdapat beberapa orang lulusan yang memperoleh prestasi akademik sebagai wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas menurut jenjang pendidikan yang ada. Sebagai rasa bangga atas prestasi yang dicapainya, maka kepada wisudawan terbaik tersebut akan diberikan Piagam penghargaan. Berikut akan kami$ bacakan lulusan erbaik pada periode wisuda kali ini menurut jenjang pendidikan.

Pada Program Magister, lulusan dengan prestasi terbaik adalah; .

1) Sulpandri, Program Studi Magister Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,75

2) Raden Hebat Kurnia, Program Studi Magister Manajemen, dangan IPK. 3,80

 

Sementara untuk program pendidikan Sarjana lulusan dengan prestasi terbaik adalah;

1) Lidia'Permata Sari, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dengan IPK.3,79

2) Ria Saraswati, Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, dengan IPK. 3,91

3) Ayu Febrianti, Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,81

4) Ilham Alfl1ito Putra, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Sipil, dengan IPK. 3,28

5) Husna Daya Aulia, Fakultas Pertanian, Program Studi Budidaya Perairan, dengan IPK. 3,90

Sedangkan untuk program pendidikan Diploma tiga, lulusan dengan preatasi terbaiknya adalah Riki Rizaldi, dari Program Studi Teknik Listrik, dengan IPK. 3,79

Disamping itu juga kami sampaikan wisudawan dengan usia termuda dan tertua. Wisudawan dengan usia termuda adalah Tika, NIM. 1400888201029, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, lahir di Tanjung Baru, pada tanggal 13 Agustus 1997, usia saat ini adalah 21 tahun. Sedangkan wisudawan dengan usia tertua adalah Pusri Amsyi, NIM. B16031038, Fakultas Hukum, Program Studi Magister Ilmu Hukum, Lahir di Tanjung Rawang, tanggal 24 September 1958, usia saat ini adalah 60 tahun.

Para wisudawan yang berbahagia..., Penyelenggaraan wisuda merupakan salah satu upacara yang menandai perubahan status seorang mahasiswa menjadi sarjana. Sebelum pelaksanaan wisuda hari ini Saudara ditempa melalui proses pendidikan dengan berbagai kegiatan akademik. Selama di kampus, saudara mengikuti proses beiajar pada Program studi yang berbeda, tetapi dibalik perbedaan tersebut para mahasiswa dan akademisi diikat oleh prinsip pemersatu, yaitu prinsip menjunjung tinggi kebenaran ilmu. Ketika saudara berada di masyarakat, saudara akan menjumpai mitra—mitra dan kolega dari bidang-bidang iimu yang berbeda, disini keterbukaan atas perbedaan menjadi sikap yang sangat penting. Dengan bersikap terbuka, saudara akan dapat mempelajari dan memahami permasalahan di masyarakat melalui keanekaragaman perspektif. Hal ini pada gilirannya akan memperkaya kemampuan saudara.

Harapan kami, setelah saudara—saudara meninggalkan Universitas Batanghari ini, jagalah nama baik almamater dengan cara menunjukkan jati diri Saudara sebagai seorang

Sarjana dan Magister yang beriman dan bertaqwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya—karya yang bermanfaat, baik bagi saudara sendiri maupun bagi masyarakat sekitarnya. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan tak henti-hentinya memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari.

Kami mendoakan semoga Saudara sukses dalam menapaki karir untuk mencapai masa depan yang Iebih baik. Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia, Saat ini kita sedang memasuki era baru Revolusi Industri 4.0. Memasuki era baru ini kita dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat. Kehidupan kita kedepannya akan sangat tergantung pada teknologi terutama teknologi informasi. Zaman ini adalah zaman yang sangat kompetitif yang membutuhkan manusia-manusia yang responsive dan mampu mengantisipasi perubahan dengan baik. Karena itu, kita harus menghadapi zaman ini dengan penuh semangat dan etos kerja, disertai dengan Jati diri dan Moral yang kuat.

Untuk menghadapi perkembangan tersebut, Iangkah kolaboratif perlu dilakukan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintahan, asosiasi dan pelaku industri, hingga unsurakademisi. Memperhatikan tantangan tersebut, serta sesuai dengan kebijakan Kemenristekdikti tentang perubahan rasio antara Program Studi bidang Ilmu Eksakta dengan Non Eksakta. Kemenristekdikti mengingatkan bahwa perguruan tinggi harus menambah jumlah progarm studi bidang eksakta. Saat ini di Lingkungan Universitas Batanghari terdapat 16 Program Studi dari 5 Fakultas yang ada. Dari 16 Program Studi tersebut, terdapat 7 Program Studi bidang ilmu Eksakta (43.75%)  dan 9 Program Studi bidang ilmu Non Eksakta (56,250/0). Kebijakan terbaru saat ini mensyaratkan dengan Rasio minimal bidang Eksakta 60% dan Non Eksakta 40%. Sehubungan dengan hal tersebut, maka Universitas Batanghari akan menambah Program Studi Baru Strata Satu bidang ilmu Eksakta, yaitu Program Studi Teknik Elektro, Program Studi Teknologi Informasi (TI) dan Program Studi Sistem Informasi (SI). Disamping pembukaan program studi baru saat ini juga sedang dikembangkan sebuah sistem informasi kampus baru dengan konsep sistem Smart Campus. Smart Campus adalah kampus yang memadukan sistem pembelajaran mahasiswa dengan kemampuan teknologi informasi yang hasilnya dapat meningkatkan mutu dan kualitas kampus dengan proses yang menjadi lebih mudah, cepat, akurat dan eflsien.

Dengan system ini semua kegiatan akademik yang ada di kampus ini akan dijalankan dan di kendalikan dengan menggunakan data digital dengan cara memfasilitasi setiap mahasiswa dengan teknologi Mobile Apps yang akan terintegrasi langsung dengan Sistem Utama universitas secara real time. Pada bidang kerjasama Universitas Batanghari telah menandatangani kesepakatan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang ada didalam maupun luar negeri.

Dengan Perguruan tinggi Iuar negeri saat ini sudah ditandatangai sebanyak 13 perguruan tinggi, diantaranya adalah

1) Universite Muhamed Hasan V Souissi, Maroco,

2) University Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia,

3) Hungkuang University, Korea,

4) Maqasite Institute,Inggris

5) Tohoko University, Taiwan, dan

6) Raja Mangala University Tecknologi Krungthep, Thailand.

 

Untuk perguruan tinggi dalam negeri sudah ditandatangi sebanyak 33 Perguruan Tinggi, diantaranya adalah;

1) Universitas Lang-langbuana, Bandung,

2) Universitas Negeri Jakarta (UNJ),

3) Universitas Gunadharma, Jakarta,

4) IKIP Mataram,

5) Universitas Muslim Nusantara Alwaslia,

6) Universitas Internasional Batam,

7) Universitas Dwi Jendra Denpasar, Balli,

8) Universitas Islam Riau (UIR) dan ST KIP Nasional Sumbar.

 

Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Ketua Yayasan, hadinin dan hadirat yang berbahagia, Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang di wisuda pada hari ini. Kepada orang tua, orang tua asuh, wali mahasiswa, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan saya juga ucapkan selamat. Kami juga mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan Bapak/Ibu untuk menitipkan putra dan putrinya menuntut ilmu di kampus kami. Kepercayaan tersebut hari ini telah dapat di buktikan dengan selesainya studi putra putri Bapak/Ibu sekalian. Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi) di lingkungan Universitas Batanghari. Karena atas kerja keras dan kerjasama yang baik dalam membina mahasiswa serta melaksanakan tugas pembelajaran, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studinya.

 

Demikianlah laporan ini kami sampaikan, semoga apa yang telah kita capai saat ini akan menjadi kekuatan untuk menghadapi masa depan, sedangkan apa yang kita rencanakan semoga Tuhan senantiasa memberikan jalan untuk mewujudkannya..., Amin Ya Robbal Alamin .... .. Selanjutnya, kami mohon perkenan Yth. Bapak Gubernur Jambi untuk menyampaikan kata sambutan, serta kepada Bapak Kepala LLDIKFI Wilayah X kami mohon pula untuk menyampaikan kata sambutannya. Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua,

Aamiin Yaa Robbal Alamin. Sekian dan Terima kasih. Billahi Taufiq wal Hidayah,

Assalamu'a|aikum Wr. Wb.

 

Jambi, 17 November 2018

 

Rektor,

H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.