• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

14 Mei 2018, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR PADA UPACARA WISUDA ke 43 PROGRAM PASCASARJANA, SARJANA DAN DIPLOMA UNIVERSITAS BATANGHARI
Assalamualaikum Wr. Wb.,
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua,
 
Yth. Gubernur Jambi
Yth. Ketua DPRD Provinsi Jambi
Yth. Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Provinsi Jambi
Yth. Ketua Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama
Yth. Bupati dan Walikota di Wilayah  Provinsi Jambi 
Yth. Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X
Yth. Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Jambi
Yth. Bapak Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di lingkungan Kota Jambi
Yth. Para Kepala SKPD, Kepala Badan di lingkungan Pemda Provinsi Jambi
Yth. Saudara-Saudara Anggota Senat Universitas Batanghari
Yth. Bapak/Ibu Dosen dan tenaga administrasi di lingkungan Unbari
Yth. Para Orang Tua dan keluarga wisudawan/ wisudawati, hadirin dan hadirat yang berbahagia.
 
Sebagai pendahuluan dari laporan ini, marilah kita memanjatkan Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya pada pagi ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, guna menghadiri prosesi wisuda program pendidikan Parscasarjana, sarjana dan Diploma Universitas Batanghari yang ke 43, Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman. 
 
Pada kesempatan ini, saya atas nama keluarga besar Universitas Batanghari, mengucapkan terimakasih kepada para undangan dan hadirin semua, yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini. Semoga niat baik Bapak dan Ibu datang untuk menghadiri wisuda ini menjadi amal ibadah disisi Allah SWT…… Amiin.
 
Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Sehubungan dengan acara hari ini, perkenankan saya untuk melaporkan bahwa lulusan yang akan di wisuda pada  hari ini berjumlah sebanyak 519 orang, yang meliputi 5 fakultas dari 16 Program Studi yang ada di lingkungan Universitas Batanghari. Rincian dari 519 orang lulusan tersebut adalah; lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (S-2) sebanyak 18 orang,  jenjang pendidikan Strata Satu (S-1) sebanyak 499 orang dan Jenjang Pendidikan Diploma Tiga sebanyak 2 orang. 
 
Pada Jenjang pendidikan S-2 terdiri dari lulusan Magister Ilmu Hukum sebanyak 11 orang, dan Lulusan Program Magister Manajemen sebanyak 7 orang. Pada jenjang pendidikan S-1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 108 orang, Fakultas Ekonomi 231 orang, Fakultas Hukum sebanyak 109 orang, Fakultas Teknik sebanyak 27 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 24 orang. Sedangkan pada jenjang pendidikan Diploma Tiga (D-3) sebanyak 2 orang, yaitu pada program studi teknik listrik. Dengan diwisudanya 519 orang wisudawan pada pagi ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 12.174 orang. 
 
Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Penyelenggaraan Wisuda merupakan sebuah upacara yang menandai perubahan status seorang mahasiswa menjadi sarjana. Sebelum pelaksanaan wisuda hari ini, seorang mahasiswa ditempa melalui proses pendidikan dengan berbagai kegiatan akademik di kampus. Mulai hari ini saudara akan dikukuhkan  menjadi sarjana. Di kelas dan di ruang seminar, saudara dilatih untuk menyusun argumen secara ilmiah, menyajikan karya tulis secara ilmiah, menyusun rancangan dengan basis ilmiah, dan lain sebagainya. Secara sederhana, ‘ilmiah’ berarti mendekati kebenaran objektif. Melakukan sesuatu dengan cara ilmiah artinya berpijak pada asas kebenaran, atau bertujuan mendekati dan menyingkap kebenaran. Tanggung jawab akademik merupakan sebuah bentuk kesetiaan pada asas kebenaran.
 
Para Wisudawan yang berbahagia,
Selama di kampus, Saudara mengikuti proses belajar pada program-program studi yang berbeda, dan menekuni  bidang-bidang ilmu yang berbeda pula. Tetapi dibalik perbedaan tersebut, para mahasiswa dan akademisi diikat oleh prinsip  pemersatu,  yakni  prinsip  menjunjung  tinggi kebenaran ilmu. Ketika  Saudara  masuk  ke  dunia  nyata, Saudara akan menjumpai mitra-mitra atau kolega-kolega dari bidang-bidang yang berbeda. Disini, keterbukaan atas perbedaan menjadi sikap yang sangat penting. Dengan bersikap terbuka, Saudara dapat  mempelajari permasalahan di dunia nyata melalui   keaneka-ragaman   perspektif.   Hal   ini   pada   gilirannya   akan memperkaya kemampuan Saudara.
 
Hari ini ketabahan dan kesabaran saudara dalam menempuh pendidikan di Universitas Batanghari telah membuahkan hasil yang membanggakan, dengan diperolehnya gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu dan jenjang pendidikan yang saudara tempuh. Untuk itu, saya mengucapkan selamat dan turut bangga dengan prestasi Saudara tersebut, yang tentunya disertai dengan bersyukur kehadirat Allah SWT. Dan saya harap saudara mampu mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dalam profesi Saudara masing-masing secara lebih baik, disiplin, bertanggung jawab, berkualitas dan ikhlas.
 
Setelah saudara-saudara meninggalkan Universitas Batanghari ini, jagalah nama baik almamater dengan cara menunjukkan jati diri saudara sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertaqwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, baik bagi saudara sendiri, keluarga maupun bagi masyarakat sekitarnya. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan tak henti-hentinya memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari. Kami mendoakan semoga Saudara sukses dalam menapaki karir untuk mencapai masa depan yang lebih baik.  
 
Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, inovatif dan produktif.
 
Salah satu upaya yang kami lakukan untuk meningkatkan kualitas akademik di Unbari adalah dengan menjalin  kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah, instansi swasta dan perguruan tinggi, baik yang ada didalam maupun luar negeri.
 
Seperti yang tertuang pada Permendikbud No. 14 tahun 2014 tentang kerja sama Perguruan Tinggi di Indonesia. kerja sama Perguruan Tinggi bertujuan untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, produktifitas, kreatifitas, inovasi, mutu, dan relevansi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan daya saing. Perguruan Tinggi dapat melakukan kerjasama bidang akademik dan/atau bidang non-akademik dengan perguruan tinggi lain, dunia usaha, atau pihak lain, baik dalam maupun luar negeri.
 
Memperhatikan Peraturan tersebut maka, saat ini telah ditandatangi kesepakatan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta, baik dalam maupun luar negeri;
 
Perguruan Tinggi Luar Negeri diantaranya adalah ;
1. Universite Mumhamed V Souissi, Maroco
2. Universite Hasan II Casablangka, Maroco
3. Universite Muhamed V de Rabat, Maroco
4. University Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia
5. Hungkuang University, Korea
6. Maqasite Institute, Inggris
7. Tohoko University, Taiwan
8. Dayeh Unviversity, Taiwan
9. Nasional Yunlin University of Science and Tecknology,
10. Universiti Utara Malaysia (UUM)
11. Universiti Selangor
12. Raja Mangala Universiti Tecknology Krungthep, Thailand
13. International Islamic University Malaysia
 
Sedangkan Perguruan Tinggi dalam negeri diantaranya adalah:
1. Universitas Lang-lang Buana, Bandung
2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
3. Universitas Gunadarma, Jakarta
4. Universitas Pelita Harapan, Jakarta
5. Universitas Trilogi, Jakarta
6. Universitas Mercu Buana, Jakarta
7. Podomoro University, Jakarta
8. Universitas Bakrie, Jakarta
9. Universitas Taruma Negara (UNTAR), Jakarta
10. Universitas Muhammadiyah Tanggerang
11. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
12. Universitas Maarif Hasyim Latif 
13. IKIP Mataram
14. STKIP Singkawang
15. Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta
16. Universitas Bina Nusantara, Jakarta
17. Universitas Bunda Mulya, Jakarta
18. Universitas Yarsi, Jakarta
19. Universitas Indraprasta 
20. Universitas Swadaya Gunung Jati
21. Universitas Muslim Nusantara Alwaslia
22. Bina Sarana Informatika, Jakarta
23. Universitas Internasional Batam (UIB)
24. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AAS
25. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IFWI Jakarta
26. Universitas Dwi Jendra Denpasar, Bali
27. Universitas Islam Riau (UIR)  
28. Universitas Langcang Kuning, Riau
29. STIE Graha Karya, Jambi
30. Universitas Putera Batam, Batam
31. STKIP Nasional, Sumbar
32. STT Ibnu Sina, Batam
33. Universitas Islam Kuantan Singginggi, Riau
 
Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang di wisuda pada hari ini. Kepada orang tua, orang tua asuh, wali mahasiswa, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan saya juga ucapkan selamat. Kami juga mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan Bapak/Ibu untuk menitipkan putra dan putrinya menuntut ilmu di kampus kami. Kepercayaan tersebut hari ini telah dapat di buktikan dengan selesainya studi putra putri Bapak/Ibu sekalian. 
 
Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi) di lingkungan Universitas Batanghari. Karena atas kerja keras dan kerjasama yang baik dalam membina mahasiswa serta melaksanakan tugas pembelajaran, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studinya. 
 
Demikianlah laporan ini kami sampaikan, semoga apa yang telah kita capai saat ini akan menjadi kekuatan untuk menghadapi masa depan, sedangkan apa yang kita rencanakan semoga Tuhan senantiasa memberikan jalan untuk mewujudkannya…, Amin Ya Robbal Alamin…… 
 
Selanjutnya, kami mohon perkenan Bapak Gubernur Jambi untuk menyampaikan kata sambutan, serta kepada Yth. Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X kami mohon pula untuk menyampaikan kata sambutannya.
 
Akhirnya... kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, amiin Yaa Robbal Alamin.
 
Sekian dan Terima kasih.
Billahi Taufiq wal Hidayah,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
  
Jambi,  14 Mei 2018
Rektor,
 
 
H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.