• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

23 Oktober 2017, oleh admin Print
KULIAH UMUM BERSAMA MENTERI KEMENKUMHAM RI DI UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI

Fakultas Hukum Universitas Batanghari (FH-UNBARI) Jambi (21/10/2017) menyelenggarakan Kuliah Umum yang bertemakan “Penegakan Hukum Berbasis Moral dan HAM” dengan narasumber Menteri Kemenkumham, Bapak Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D.

Dalam sambutannya, Rektor UNBARI Bapak Fachruddin Razi menyampaikan bahwa sebagai negara hukum, tentunya setiap pelanggaran terhadap hukum harus dilakukan penegakan hukum (law enforcement) oleh lembaga resmi yang telah diberikan kewenangan sebagai penegak hukum. Dalam hal penegakan hukum ini tentunya harus dilakukan dengan cara-cara yang elegan tanpa harus melanggar nilai-nilai moral dan Hak Asasi Manusia. Hal ini menjadi urgens untuk diperhatikan agar citra penegakan hukum di Indonesia menjadi baik.

Bentuk-bentuk tekanan yang bersifat amoral dan tidak berperikemanusiaan bukanlah pilihan kebijakan yang dapat dijalankan lagi dalam menegakkan hukum di Indonesia. Sebagai negara yang berdaulat dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan kemanusiaan sebagaimana yang tercantum dalam Pancasila, tentunya penegakan  hukum di Indonesia harus sesuai dengan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum. Di dalam Pancasila itu tertanam nilai-nilai moral dan kemanusiaan yang secara fundamental menjadi Groundnorm (pedoman dasar) setiap hukum dan penegakannya di Indonesia.

Acara ini juga dihadiri oleh Kakanwil Hukum dan HAM Provinsi Jambi Bapak Bambang Palasara, S.H., beserta jajarannya, serta para undangan dan civitas akademika UNBARI.(admin,10/2017)