• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

10 Maret 2017, oleh admin Print
Expo Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya Universitas Batanghari (Unbari) Ke 35 Tahun 2017

Acara Expo Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya Universitas Batanghari (Unbari) Ke 35 Tahun 2017 yang dipusatkan di Desa Pembengis Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat, pada Kamis (09/03) kemarin berlangsung sukses. Acara ini dibuka Oleh Wakil Bupati Tanjab Barat Bapak Drs. H. Amir Syakib dan turut di hadiri Kepala Bagian Pengembangan Program Yayasan Damandiri Jakarta Bapak Dr. Mazwar Noordin, unsur Pemerintah Kab. Tanjab Barat, Civitas Akademika Universitas Batanghari, Dosen Pendamping Lapangan dan Panitia Pelaksana.

          Dalam sambutannya Bapak Drs. H. Amir Syakib mengatakan bahwa dengan adanya KKN Posdaya di Kabupaten Tanjab Barat diharapkan dapat membentuk pola piker mahasiswa dalam pemecahan masalah, membentuk sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial serta memberikan keterampilan dan melaksanakan program pengembangan kepada masyarakat di desa-desa pengabdian.

Dikatakan heri bahwa Pemkab Tanjab Barat menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan KKN Posdaya yang selama ini dirasakan telah memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Baik mahasiswa, perguruan tinggi juga pemerintah daerah serta masyarakat dalam pemecahan masalah yang ada.

          “Salah satu manfaat yang signifikan bagi masyarakat antara lain berkaitan dengan pola piker yang semakin rasional dan logis serta terciptanya transfer ilmu dan pengetahuan,”

“Kegiatan yang dilaksanakan ini memiliki kontribusi langsung ke desa-desa tempat KKN Posdaya dilaksanakan. Supaya masyarakat merespon positif kegiatan ini dan kedepannya dapat ditingkatkan. Apalagi dalam KKN Posdaya ini menerapkan 4 pilar yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujar Mazwar Noordin.

         Sementara itu Wakil Rektor I Unbari, Dr. H. Saiyid Syekh, MP. dalam sambutannya mengatakan bahwa KKN Posdaya merupakan bentuk nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang menempatkan mahasiswa di luar kampus.

          Tujuannya agar mahasiswa hidup ditengah-tengah masyarakat serta membantu dan mendampingi masyarakat untuk memanfaatkan SDA local dan SDM yang ada untuk mengatasi permasalah masyarakat dalam waktu tertentu. Jadi bagaimana memotivasi masyarakat tentang 4 plar yaitu pendidikan, kesehatan ekonomi dan lingkungan.

          “Hasil expo ini juga sudah sangat positif sekali dan melihat hasil karya mahasiswa KKN Posdaya berbaur dengan masyarakat, lalu meningkatkan ekonomi masyarakat desa dengan pelatihan-pelatihan,” ujar Saiyid Syekh saat ditemui disela-sela Expo, kemarin.

          Ketua LPPM Unbari, Ir. Fachrurrazi Hoesni, MP mengatakan bahwa KKN Posdaya Unbari Ke 35 Tahun 2017 ini diikuti 314 mahasiswa dan digelar di Kabupaten Tanjab Barat  sejak 23 Januari – 11 Maret 2017. Mereka ditempatkan di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Betara, Bram Itam, Pengabuan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. (admin,03/2017)