• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

25 Januari 2017, oleh admin Print
UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI BEKERJASAMA DENGAN KOPERTIS WILAYAH X MENGGELAR PELATIHAN APPLIED APPROACH (AA)

Menurut PP No. 19/2005 Pasal 91 tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan. Dosen merupakan  salah satu komponen yang sangat berperan  dalam proses pembelajaran, dan secara langsung mempengaruhi peningkatan kualitas belajar mahasiswa. Oleh karena itu, sesuai dengan UU 14/2005 Pasal 1 butir 2, dosen hendaknya mampu melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan ilmuwan yang profesional.  Menurut KPPTJP Dikti 1996-2005, agar dapat berfungsi secara profesional, seorang dosen hendaknya memiliki tiga kompetensi, yaitu penguasaan bidang ilmu, keterampilan kurikulum dan keterampilan pedagogis (pembelajaran dan pengembangan cara mensikapi pemahaman materi ajar).

Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan program Applied Approach (AA) merupakan dua buah program pelatihan yang dapat dimanfaatkan  dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis. 

Program Pekerti ditujukan untuk dosen pemula agar menguasai konsep-konsep dasar dalam

pembelajaran dan memiliki kemampuan mengajar yang memadai. Sementara itu, program AA ditujukan untuk dosen senior agar memiliki wawasan dan keterampilan untuk mengembangkan kualitas proses belajar dan hasil belajar mahasiswa. Program AA ini merupakan kelanjutan dari program Pekerti.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen perguruan tinggi di Provinsi Jambi khususnya di UNBARI dalam hal pembelajaran, melalui Rektorat UNBARI bekerjasama dengan Kopertis Wilayah X, maka UNBARI menyelenggarakan Program Pelatihan AA.

Kegiatan yang langsung dibuka oleh Rektor UNBARI dan Sespel Kopertis Wilayah X, Bapak Drs. Hanafi, M.S. ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 25-27 Januari 2017. Adapun pemateri meliputi Koordinator Kopertis Wil. X, Bapak Prof. Dr. Herri, S.E., M.B.A., Prof. Dr. Syahrul R., M.Pd., Prof. Dr. Mansyurdin, M.S., Prof. Dr. Syafrani, M.Si., dan Dr. Zusmelia, M.Si.(admin,01/2017)