• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

24 November 2016, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA KE-40

Assalamualaikum Wr. Wb.,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang Mulia, Hakim Agung RI, Bapak Dr. H. Ibrahim, SH, MH, LL.M
Yth. Gubernur Jambi
Yth. Ketua DPRD Provinsi Jambi
Yth. Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Provinsi Jambi
Yth. Ketua Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama
Yth. Bupati dan Walikota di Wilayah  Provinsi Jambi 
Yth. Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Jambi
Yth. Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X
Yth. Bapak Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di lingkungan Kota Jambi
Yth. Para Kepala SKPD, Kepala Badan dilingkungan Pemda Provinsi Jambi
Yth. Saudara-Saudara Anggota Senat Universitas Batanghari
Yth. Bapak/Ibu Dosen dan tenaga administrasi di lingkungan Unbari
Yth. Para Orang Tua dan keluarga wisudawan/ wisudawati, hadirin dan hadirat yang berbahagia.

Pada suasana yang berbahagia ini, perkenankan saya mengajak hadirin semua untuk bersama-sama memanjatkan Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, yang atas karunianya jualah sehingga kita dapat berkumpul disini untuk melaksanakan  suatu  kegiatan  yang sangat  penting  bagi  keluarga  besar Universitas Batanghari, yaitu Rapat Terbuka Senat Universitas Batanghari dalam rangka Wisuda ke 40 Semester Ganjil Tahun Akademik 2016/2017. Sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.
Pada kesempatan ini pula, kami atas nama keluarga besar Universitas Batanghari, mengucapkan terimakasih yang mendalam, kepada segenap undangan dan hadirin semua, yang telah meluangkan waktu yang sangat berharga untuk menghadiri acara ini. 
Pada upacara wisuda kali ini, kami mendapat kehormatan atas kesediaan yang mulia Hakim Agung Republik Indoesia, Bapak Dr. H. Ibrahim, SH, MH, LL.M, untuk menyampaikan Orasi Ilmiahnya, dengan judul “Bersama membangun hakim dan peradilan yg lebih bermartabat”. Bapak Dr. H. Ibrahim, SH, MH, LL.M juga merupakan dosen tetap pada Program Studi Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Batanghari.
Civitas Akademik Universitas Batanghari sangat bersyukur dan bangga, atas terpilihnya salah seorang dosen tetap menjadi Hakim Agung Republik Indonesia. 
Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Pada wisuda periode ke 40 hari ini, Kamis tanggal 24 November 2016, akan di wisuda lulusan Universitas Batanghari sebanyak 467 orang. Lulusan ini merupakan bukti nyata bahwa proses pendidikan di Universitas Batanghari berlangsung dengan baik. Dari 467 orang lulusan yang di wisuda pada hari ini, terdiri dari lulusan jenjang pendidikan Strata dua (S2) sebanyak 73 orang, jenjang pendidikan Strata satu (S1) sebanyak 391 orang dan jenjang pendidikan Diploma tiga (D3) sebanyak 3 orang. Pada program S2 terdiri dari 65 orang lulusan Magister Ilmu Hukum dan 8 orang Lulusan Program Magister Manajemen. Pada program S1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 156 orang, Fakultas Ekonomi 82 orang, Fakultas Hukum sebanyak 96 orang, Fakultas Teknik sebanyak 41 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 16 orang, sedangkan untuk jenjang pendidikan Diploma tiga sebanyak 3 orang dari Program Studi Teknik Listrik. Dengan diwisudanya 467 orang wisudawan pada pagi ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 10.767 orang. 

Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi Universitas Batanghari, kami melakukan perbaikan dan peningkatan pada berbagai bidang. Seperti peningkatan layanan akademik, peningkatan sarana dan prasarana, system informasi, kualitas sumberdaya manusia serta melakukan Re-akreditasi. Pada pelaksanaan Re-akreditasi Program Studi tahun ini, BAN-PT telah mengumumkan hasil untuk beberapa program studi. Kami sangat bersyukur bahwa dari hasil Re-akreditasi tersebut terjadi peningkatan Akreditasi dari C menjadi B pada 7 Program Studi, yaitu ; 
1.Program Studi Agroteknologi
2.Program Studi Budidaya Perikanan 
3.Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
4.Program Studi Pendidikan Sejarah
5.Program Studi Magister Ilmu Hukum 
6.Program Studi Teknik Lingkungan
7.Program Studi Pendidikan Ekonomi

Dengan peningkatan Akreditasi pada 7 Program Studi tersebut, maka saat ini 11 Program Studi di Unbari sudah Terkresitasi B. 
Atas keberhasilan ini, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam penyusunan dokumen borang, dokumen evaluasi diri dan semua dokumen pendukung lainnya. Saya percaya bahwa, kerja keras Bapak dan Ibu semua telah tercatat sebagai amal ibadah disisi Allah Subhanahu Wataala, Amiiin… Amin… Ya Robbal Alamin. 
Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik, kami terus mendorong dosen tetap untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dari sebanyak 184 dosen tetap yang ada di Universitas Batanghari, saat ini terdapat 26 orang dosen tetap yang sudah berpendidikan S3 atau Doktor, sedangkan yang sedang dalam pendidikan S3 sebanyak 28 orang, yang tersebar pada perguruan tinggi negeri dan swasta baik dalam maupun di luar negeri. 
Dengan jumlah dosen tetap sebanyak 184 orang tersebut, maka rasio perbandingan antara dosen tetap dengan mahasiswa sangat ideal. Pada Semester Genap Tahun Akademik 2015/2016, jumlah mahasiswa aktif adalah 5.178 orang, sehingga rasio perbandingan dosen tetap dengan mahasiswa aktif adalah 1 : 28,1 (1 banding 28,1). Sedangkan pada semester ganjil tahun akademik 2016/2017, terjadi peningkatan jumlah mahasiswa aktif menjadi 6.004 orang, karena adanya penambahan mahasiswa baru sebanyak 1,562 orang. Dengan demikian rasio antara dosen tetap dengan mahasiswa menjadi 1 : 32,63 (1 banding 32,63). 
Dilihat dari Jabatan Fungsional, maka dosen tetap yang sudah memiliki Jabatan Fungsional sebanyak 143 orang. Yang terdiri dari; Lektor Kepala sebanyak 45 orang, Lektor 39 orang dan Asisten Ahli sebanyak 59 orang. Sisanya sebanyak 41 orang sedang dalam proses pengusulan jabatan fungsional. Dosen yang sedang dalam proses pengusulan jabatan fungsional tersebut adalah dosen muda, atau dosen baru. Sedangkan dosen tetap yang telah Sertifikasi sebangyak 79 orang.
Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Dari database system akademik Universitas Batanghari, dapat  kami sampaikan bahwa, sebanyak 101 orang (21,63%) lulusan yang diwisuda pada hari ini, lulus dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3,50, kemudian 279 orang (59,74%) lulus dengan IPK pada range 3,00 sampai 3,50, dan sisanya hanya 87 orang (18,63%) lulus dengan IPK kurang dari 3,00. Berdasarkan status pekerjaan, terdapat sebanyak 207 orang (44,33%) wisudawan yang sudah bekerja, dan sebanyak 260 orang (55,67%) yang belum bekerja. Sedangkan berdasarkan lama studi, terdapat 100 orang (21,41%) wisudawan menyelesaikan studinya kurang dari 4 tahun, kemudian 225 orang (48,18%) menyelesaikan studinya pada masa studi 4 – 5 tahun dan 142 orang (30,41%) menyelesaikan studi lebih dari 5 tahun. 
Dari data diatas terlihat bahwa, rata-rata wisudawan Unbari, lulus dengan IPK 3,00 ke atas, yaitu sebanyak 380 orang (81,37%). Dengan masa penyelesaian studi terbanyak selama 4 tahun atau 8 semester.
Dengan jumlah wisudawan yang sudah bekerja berjumlah sebanyak 207 orang (44,33%), membuktikan bahwa tamatan Unbari menjadi incaran dari pasar tenaga kerja di Provinsi Jambi. Karena mahasiswa Unbari sudah mendapatkan pekerjaan pada masa-masa akhir penyelesaian studinya. Bagi wisudawan yang sudah bekerja, anda harus yakin bahwa, dengan bekal ilmu yang saudara miliki, maka saudara akan mampu bersaing dengan tenaga kerja lulusan perguruan tinggi lain. 

Para Wisudawan yang berbahagia,
Dengan pelaksanaan wisuda hari ini, saudara akan dikukuhkan menjadi sarjana baru Universitas Batanghari.  Saudara telah berhasil melewati semua proses pendidikan yang ada. Keberhasilan Saudara adalah berkat Rahmat dan Karunia Allah SWT, yang ditunjang dengan kerja keras dan usaha Saudara serta tentu saja dengan dukungan dari orang tua dan keluarga. Karena itu jadikan wisuda ini menjadi salah satu momentum untuk bersyukur kepada Allah SWT, dengan tetap memohon bimbingan dan petunjuknya untuk melangkah kedepan dengan pasti dalam upaya menyongsong masa depan yang lebih baik. Keberhasilan Saudara hari ini bukan saja milik Saudara, tetapi ini juga merupakan keberhasilan segenap civitas akademika Universitas Batanghari, keberhasilan orang tua, keluarga dan juga sahabat yang telah ikut membantu dalam proses studi tersebut. 
Kepada orang tua, orang tua asuh, wali mahasiswa, penyedia beasiswa dan semua pihak yang turut membantu serta mendukung para mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di Universitas Batanghari, saya sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih. Semoga semua usaha dan kerja keras Bapak dan Ibu menjadi amal ibadah di sisi Allah Subhanahu Wataala, Tuhan Yang Maha Esa, Amin…..  

Hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan bahwa, beberapa lulusan Unbari yang di wisuda pada hari ini merupakan pejabat penting di negeri ini, diantaranya:  
1.Saniatul Latifa, S.E., M.M., Anggota DPR-RI, Program Magister Manajemen,
2.Sugianta, S.H., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bungo, Program Magister Ilmu Hukum,
3.Ismail Aly, S.H., M.H., Hakim Tinggi, Mahkamah Syariah Tinggi Provinsi Aceh, Program Magister Ilmu Hukum,
4.Ria Mayang Sari, S.H., M.H., Ketua DPRD Kabupaten Bungo, Program Studi Magister Ilmu Hukum,
5.Muhammad Iqbal, S.Ag., M.H., Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jambi, Program Studi Magister Ilmu Hukum,

Dan masih banyak lagi yang lainnya, yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu pada kesempatan ini. Pada prinsipnya bahwa, Universitas Batanghari merupakan pilihan terbaik bagi warga jambi untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi.
Demikianlah laporan ringkas dalam rangka Wisuda ke 40 Universitas Batanghari. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama bekerja keras dengan penuh dedikasi dan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan dan memajukan Universitas Batanghari tercinta. 
Selanjutnya, kami mohon perkenan yang mulia Hakim Agung Republik Indonesia menyampaikan Orasi Ilmiah, dan kepada Bapak Gubernur Jambi kami mohon pengarahannya, kemudian kepada Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X kami mohon pula untuk menyampaikan kata sambutan.

Cantik Sungguh si Bunga Kejora
Buat Hiasan di Hari Raya
Marilah Sambut Perayaan Lembaga 
Unbari Sedang Melaksanakan Wisuda Sarjana

Di Sungai Batanghari Perahu Melaju
Perahu Melaju Sampai ke Tanjung Batu
Unbari Semakin Hari Semakin Maju
Karena Civitas Akademikanya Rukun dan Bersatu

Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, amiin Yaa Robbal Alamin, 
Sekian dan Terima kasih.
Billahi Taufiq wal Hidayah,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.    
 

Jambi,  24 November 2016
Rektor,
 


H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.