• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

31 Mei 2016, oleh admin Print
HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA

Tembakau merupakan produk dari tanaman Nicotiana. Tanaman yang digunakan untuk upacara spiritual tersebut dengan cepat menjadi populer dan menjadi tanaman yang penting dalam perdagangan. Namun, riset medis menunjukkan bahwa selama era 1900an penggunaan tembakau meningkatkan resiko dari berbagai penyakit termasuk serangan jantung, stroke, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), emfisema, dan berbagai jenis kanker. 

Hari tanpa tembakau sedunia pada tahun 1988 awalnya diperingati setiap tanggal 7 April dengan sebutan hari tanpa merokok sedunia, tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan peringatan 40 tahun WHO berdiri. Kemudian pada 1989, WHO memberikan resolusi untuk menetapkan 31 Mei sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Sejak itu, peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day) diperingati pada tanggal 31 Mei setiap tahunnya.

Pada tahun ini, WHO mengangkat tema “Get ready for plain packaging” untuk menegaskan kepada negara-negara yang tergabung dalan PBB untuk mempersiapkan pengemasan polos (standarisasi) produk tembakau. Dengan pengemasan yang diatur, diharapkan dapat mengurangi daya tarik dari produk tembakau, membatasi penggunaan tembakau dalam bentuk iklan, membatasi pengemasan dan label yang tidak sesuai, dan meningkatkan peringatan kesehatan yang efektif.(admin,05/2016)