HARI PEDULI AUTISME SEDUNIA WORLD AUTISM... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

02 April 2016, oleh admin Print
HARI PEDULI AUTISME SEDUNIA (WORLD AUTISM AWARENESS DAY)

Autisme adalah suatu kondisi neurologis seumur hidup yang muncul pada anak usia dini, terlepas dari jenis kelamin, ras atau status sosial ekonomi. Gangguan ini ditandai oleh kesulitan dalam interaksi sosial, komunikasi verbal dan nonverbal, dan perilaku repetitif. Autisme memiliki pengaruh besar pada anak-anak, keluarga, dan masyarakat. Merawat dan memberikan edukasi pada anak-anak dan orang dengan kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyedia layanan kesehatan dan pendidikan.

Hari Peduli Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day) diperingati tanggal 2 April setiap tahunnya setelah sebelumnya ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada 18 Desember 2007. Melalui Hari Peduli Autisme Sedunia, PBB menghimbau agar semua negara anggotanya untuk mengambil langkah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap autisme di kalangan masyarakat, yang dapat dilakukan dengan diagnosis dini untuk pemberian intervensi dini.

Pada peringatan tahun ini, PBB mengambil tema “Autism and the 2030 Agenda: Inclusion and Neurodiversity.” Tema tersebut mengandung pesan untuk mengedepankan hak-hak individu dengan autisme dan memastikan orang-orang dengan autisme dapat ikut partisipasi penuh dan inklusi dalam berkontribusi untuk masa depan yang lebih baik.(admin,04/2016)