• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

21 November 2015, oleh admin Print
Laporan Rektor pada Wisuda ke 38 Universitas Batanghari

LAPORAN REKTOR
PADA UPACARA DIES NATALIS KE 30 serta 
WISUDA PROGRAM DIPLOMA, SARJANA dan 
PASCA SARJANA ke 38
UNIVERSITAS BATANGHARI
Jambi,  21 November 2015


Assalamualaikum Wr. Wb.,
Salam sejahtera bagi kita semua,

Yth. Bapak Gubernur Jambi
Yth. Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Provinsi Jambi
Yth. Bapak Bupati dan Walikota di Wilayah  Provinsi Jambi 
Yth. Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Jambi
Yth. Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X
Yth. Bapak Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di lingkungan Kota Jambi
Yth. Para Kepala Dinas, Kepala Badan di
       lingkungan Pemda Provinsi Jambi
Yth. Saudara-Saudara Anggota Senat Universitas Batanghari
Yth. Bapak/Ibu Dosen dan tenaga administrasi di lingkungan Unbari
Yth. Para Orang Tua dan keluarga wisudawan/ wisudawati, hadirin dan hadirat yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kesehatan, kesempatan dan kekuatan kepada  kita semua, sehingga pada hari yang berbahagia ini Sabtu tanggal 21 November 2015 kita dapat bersilaturahim dalam rangka  melaksanakan  suatu  kegiatan  yang sangat  penting  bagi  keluarga  besar Universitas Batanghari, yaitu Dies natalis Universitas Batanghari yang ke 30  dan Wisuda ke 38 Semester Ganjil Tahun Akademik 2015/2016. Kemudian Sholawat dan salam selalu kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad S.A.W. 
Hadirin yang saya hormati, 
Perkenankan saya sebagai Rektor Universitas Batanghari mengucapkan selamat datang dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para undangan, khususnya kepada bapak Gubernur Jambi, dan Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X yang berkesempatan  dan berkenan hadir pada acara ini.
Pada kesempatan ini perkenankan pula saya, atas nama pribadi maupun institusi dan seluruh civitas akademika Universitas Batanghari, melaporkan bahwa pada hari ini akan mewisuda sejumlah 367 orang lulusan Universitas Batanghari, yang terdiri dari 21 orang lulusan program S2, 344 orang lulusan program S1 dan 2 orang lulusan program D3. Pada program S2 terdiri dari 16 orang lulusan Magister Ilmu Hukum dan 5 orang Lulusan Program Magister Manajemen. Pada program S1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 171 orang, Fakultas Ekonomi 77 orang, Fakultas Hukum sebanyak 47 orang, Fakultas Teknik sebanyak 25 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 24 orang, sedangkan  untuk jenjang pendidikan Diploma tiga sebanyak 2 orang dari Program Studi Teknik Listrik.
Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan dan bentuk tanggung-jawab Universitas Batanghari kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama Universitas Batanghari. Dengan diwisudanya  367 orang wisudawan pada pagi ini maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 9.920 orang. 
Para Wisudawan yang berbahagia,
Hari ini ketabahan dan kesabaran saudara dalam menempuh pendidikan di Universitas Batanghari telah membuahkan hasil yang membanggakan, dengan diperolehnya gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu dan jenjang pendidikan yang saudara tempuh. Untuk itu, saya mengucapkan selamat dan turut bangga dengan prestasi Saudara tersebut, yang tentunya disertai dengan bersyukur kehadirat Allah SWT. Dan saya harap saudara mampu mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dalam profesi Saudara masing-masing secara lebih baik, disiplin, bertanggung jawab dan berkualitas.
Pada hari ini secara legal Saudara diakui telah memiliki keahlian tertentu sesuai dengan gelar akademik yang tercantum di belakang nama Saudara. Dalam masyarakat Saudara sudah dianggap menjadi seorang pemimpin. Dalam budaya melayu disebutkan: 
Menjadi pemimpin menurut adat
Iman kukuh amal pun taat
Fikiran jernih hati pun bulat
Terhadap yang susah ia berminat
Terhadap yang senang tiada menjilat
Mana yang jauh ia perdekat
Mana yang jarang ia perapat
Dijadikan pemimpin sentosa rakyat
Dijadikan tua ianya tepat
Dijadikan teladan ia bersifat
Dijadikan induk besar manfaat
Negeri sentosa umat selamat.

Kami berharap bahwa nama baru Saudara benar-benar menggambarkan kompetensi diri pada bidang yang telah di pelajari di Universitas Batanghari. Saya juga berpesan bahwa untuk seterusnya nama Universitas Batanghari tetap melekat dalam kehidupan Saudara. Saya percaya bahwa Saudara akan menjaganya dengan baik, dan jangan lupa bahwa masyarakat telah menunggu karya-karya nyata Saudara. 
Kepada orang tua, orang tua asuh, wali mahasiswa, penyedia beasiswa dan semua pihak yang turut membantu serta mendukung para mahasiswa untuk menyelesaikan studinya di Unviversitas Batanghari, saya sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih. Semoga semua usaha dan kerja keras Bapak dan Ibu menjadi amal ibadah di sisi Allah  Subhanahu Wataala, Tuhan Yang Maha Esa.  
Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia
Sebagai perguruan tinggi swasta pertama di Provinsi Jambi, Universitas Batanghari bernaung dan dibina oleh Yayasan Pendidikan Jambi. Pendirian Yayasan Pendidikan Jambi oleh Bapak H. Abdurrahman Sayoeti, dkk bertujuan untuk membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan sarana pendidikan bagi masyarakat. Karena tingginya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sedangkan daya tampung pada perguruan tinggi negeri sangat terbatas. Disamping itu, adanya dorongan dan motivasi dari berbagai pihak, terutama pemerintah daerah dan tokoh masyarakat Jambi yang turut memperkuat semangat para pendiri untuk mewujudkan pendirian Universitas Batanghari. Setelah mempersiapkan segela sesuatunya untuk pendirian perguruan tinggi maka, pada tanggal 1 November 1985 berdirilah Universitas Batanghari. 

Pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berjasa dalam pendirian Universitas Batangari, maupun dalam pendirian program studi yang ada di lingkungan Univeristias Batanghari.
Para undangan, Saudara-Saudara Anggota Senat dan Hadirin yang terhormat,
Sejak berdiri sampai saat ini Universitas Batanghari telah mengalami pergantian pimpinan sebanyak 4 kali. Sebagai Rektor pertama adalah yang terhormat Bapak Drs. Kemas Mohamad Saleh (alm), kemudian Rektor kedua Bapak Drs. H. Mailoedin ADN, Rektor ketiga yang terhormat Bapak Drs. H. Hasyip Kalimuddin Syam, MM, dan saya dipercaya untuk memimpin Universitias Batanghari sebagai Rektor ke empat.
Dalam rangka Dies natalis ke 30 Universits Batanghari, perkenankanlah kami menyampaikan secara garis besar perkembangan Universitas Batanghari dalam 10 tahun terakhir, sebagai pertanggung-jawaban kepada senat akademik, pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat. 
Universitas Batanghari saat  ini memiliki 5 Fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian. Dari 5 Fakultas tersebut membina 16 Program Studi, yaitu 2 Program Studi Jenjang pendidikan S2, 13 Program Studi Jenjang pendidikan S1 dan 1 Program Studi Jenjang pendidikan Diploma. Semua program studi yang ada saat ini sudah terakreditasi oleh BAN-PT, dan pada tanggal 10 April 2015 yang lalu juga telah diperoleh Akreditasi Institusi. Saat ini pada beberapa program studi sedang disusun dokumen usulan reakreditasi. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan akreditasi yang ada. Kami menyadari bahwa status akreditasi ini penting, karna level perguruan tinggi di tentukan oleh tingkat Akreditasi yang di perolehnya. Untuk meningkatkan akreditasi tersebut, civitas akademika Universitas Batanghari terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, prasarana dan sarana perkuliahan. 
Pada bidang infrastruktur, saat ini Universitas Batanghari memiliki 5 gedung utama. Yaitu gedung A untuk fasilitas rektorat, laboratorium komputer, laboratorium microteaching, laboratorium bahasa dan laboratorium elektronika, gedung B dan gedung C untuk ruang kerja dosen serta ruang kelas, gedung D untuk ruang kelas, ruang rapat serta aula utama yang kami beri nama Aula H. Abdurrahman Sayoeti, dan gedung E untuk fasilitas perpustakaan dan ruang program pascasarjana. Disamping itu juga terdapat gedung laboratorium teknik sipil dan laboratorium teknik lingkungan serta satu gedung untuk laboratorium dasar pertanian. Pada awal tahun 2014, kami juga telah memulai pembangunan kampus II yang berlokasi di Pijoan Kabupaten Muaro Jambi. 
Sebagai rangkaian dari kegiatan Dies natalis ke 30 Universitas Batanghari juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan, diantara adalah lomba debat bahasa inggris, lomba berbalas pantun yang diikuti oleh siswa SLTA se kota jambi, kegiatan donor darah, seminar nasional, jalan santai dan kegiatan olahraga.
Perkembangan jumlah mahasiswa selama pada kurun waktu 10 tahun terakhir terjadi peningkatan. Pada tahun 2005 yang lalu, saat saya diangkat menjadi rektor Universitas Batanghari, mahasiswa yang aktif saat itu berjumlah sebanyak 1.524 orang, selanjutnya tahun 2006 terjadi peningkatan menjadi 2.542 orang, tahun 2007 meningkat lagi menjadi 3.388 orang,  tahun 2008 juga terjadi peningkatan menjadi 4.350 orang, dan terus terjadi peningkatan hingga saat ini pada semester ganjil tahun akademik 2015/2016 mahasiswa Universitas Batanghari yang telah registrasi ulang berjumlah sebanyak 5.521 orang.  

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia
Sebelum mengakhiri pidato ini, saya ingin menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mereka yang telah berbakti dan mengabdi kepada Universitas Batanghari. Para pendiri Unbari, dosen, tenaga administrasi dan juga para mahasiswa yang telah berjasa dalam membangun, mengembangkan dan mengharumkan universitas tercinta ini. Terima kasih pula kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan melakukan berbagai kerjasama dengan Universitas Batanghari selama ini. 
Demikian laporan ringkas perkembangan Universitas Batanghari dalam rangka Dies Natalis ke 30 dan Wisuda ke 38 Universitas Batanghari. Laporan ini merupakan bagian integral dari perkembangan dan kemajuan Universitas Batanghari di antara konteks masa lalu dan masa yang akan datang. Pengkajian Universitas Batanghari pada masa lalu dan masa kini serta proyeksi masa depan senantiasa diperlukan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan tantangan, agar langkah-langkah pengembangan pada masa-masa yang akan datang dapat terlaksana dengan akuntabilitas yang tinggi.
Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama bekerja keras dengan penuh dedikasi dan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan dan memajukan Universitas Batanghari tercinta. Universitas Batanghari tidak akan mengalami kemajuan yang berarti tanpa bantuan semua pihak yang terkait, baik pihak internal maupun pihak eksternal. Khusus kepada para Orang tua Wisudawan wisudawati yang telah mempercayai kami mendidik putra putri nya di Unbari ini kami haturkan Terima Kasih, semoga terus sukses dalam menggapai cita-cita yang di harapkan. Amin yarobbal’alamin.
Selanjutnya kami mohon kepada yang terhormat Bapak Gubernur Jambi untuk memberikan sambutan dan pengarahannya serta kepada Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X kami mohon pula untuk dapat memberikan kata sambutan. 
Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan.
Sekian dan Terima kasih.
Billahi Taufiq wal Hidayah,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.    
 
Jambi,  21 November 2015
Rektor,
 


H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.