• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

09 November 2015, oleh admin Print
BIMTEK NASIONAL DPRD KABUPATEN BATANG HARI KE-4 DI UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI

Sebagaimana seperti pada acara Bimbingan Teknis Nasional yang telah juga dilakukan sebelumnya, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengantisipasi kemungkinan ketidaktahuan dan ketidakpahaman, maupun guna memperdalam dan mempertajam pemahaman para pimpinan dan anggota DPRD dalam menjalankan fungsi dan tugasnya selaku Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari. Pembahasan materi yang diangkat pada Bimtek kali ini adalah mengenai:

  • Pembahasan Peraturan Daerah
  • Pembahasan Naskah Akademik
  • Pembahasan Etika Komunikasi Publik

DPRD sebagaimana tugasnya sebagai lembaga legislatif, memiliki wewenang diantaranya yaitu membentuk peraturan daerah kabupaten/kota bersama bupati/walikota; membahas dan memberikan persetujuan rancangan peraturan daerah mengenai anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota yang diajukan oleh bupati/walikota; melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota. Begitu juga kaitannya dalam naskah akademik yang merupakan naskah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah mengenai konsepsi yang berisi latar belakang, tujuan penyusunan, sasaran yang ingin diwujudkan dan lingkup, jangkauan, objek, atau arah pengaturan rancangan peraturan perundang-undangan. Kemudian, selaku wakil rakyat, DPRD diharapkan mampu menyuarakan aspirasi rakyat, terutama di daerahnya, berhubungan dengan berbagai pihak baik pemerintah yang diawasinya maupun lembaga lainnya dalam ruang lingkup menjalankan tugas dan kewajibannya. Bagaimana mereka dapat mengkomunikasikannya secara baik dengan tetap mengindahkan nilai-nilai dan aturan-aturan yang ada secara profesional. Oleh karena itu, dirasa perlu dilakukan pembelajaran atau pembahasan yang mendalam mengenai hal-hal tersebut melalui kegiatan Bimtek Nasional ini.

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 05 - 08 November 2015 di Aula Drs. H. Abdurrahman Sayoeti Gedung D Unbari dengan menghadirkan pembicara dari Kemendagri yaitu Bapak Dr. Akmal Malik, Bapak Dr. Gutmen Nainggolan, dan Bapak Dr. Sugeng Hariyono.(admin,11/2015)