• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

29 Oktober 2014, oleh admin Print
Kuliah Umum Perbandingan Hukum Tanah Indonesia - Malaysia

Fakultas Hukum Universitas Batanghari menggelar Kuliah Umum Perbandingan Hukum Tanah Indonesia – Malaysia bersama Profesor Madya Dr. Nuarrual Hilal Md. Dahlan dari Institute for Governance and Innovation Studies, Universiti Utara Malaysia, dan H. Tursumi Jauhari SH. MH. yang merupakan dosen sekaligus pelaku pengemban amanah dari Badan Pertanahan Nasional. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Hukum Universitas Batanghari menyampaikan komitmennya untuk secara rutin menggelar acara atau kegiatan serupa baik berupa Kuliah Umum, Diskusi Panel, maupun Seminar Nasional yang digelar pada setiap awal perkuliahan tiap semesternya.

Alasan pemilihan tema Kuliah Umum kali ini yaitu tentang “Perbandingan Hukum Tanah Indonesia – Malaysia adalah karena adanya kesamaan baik rumpun maupun dari segi kultur budaya yaitu melayu. Adapun tujuannya adalah agar dapat memperbandingan dan mengukur untuk menilai baik kelebihan dan kekurangan masing-masing hukum yang berlaku di masing-masing negara, baik dari sisi sejarah hukum, sumber hukum, sistem pembuatan dan pengesahan hukum, penegakan hukum, maupun aktualisasi di lapangan. Diharapkan peserta dapat mengambil manfaat guna dapat diimplementasikan untuk kemajuan pembangunan Indonesia, serta Jambi khususnya.

Peserta yang menghadiri acara tersebut merupakan mahasiswa S1 dan S2 Unbari, Dosen Unbari, serta Kepala Badan Pertanahan Jambi beserta jajarannya. Kegiatan ini merupakan awal kerjasama Unbari dengan Universitas Utara Malaysia, dan kedepannya diharapkan akan lebih baik. (2014)