Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru Universitas Batanghari... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

12 September 2014, oleh admin Print
Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru Universitas Batanghari 2014

Broni- Jambi, Masih dalam rangkaian acara Orientasi Mahasiswa Unbari, menjelang kegiatan perkuliahan dimulai, Universitas Batanghari melalui Pihak Rektorat-nya menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru (PKM-Maru), yang sejatinya juga telah menjadi bagian dari ritual penyambutan Mahasiswa Baru oleh Universitas Batanghari.

Seiring dengan giatnya Pemerintah mengusung pentingnya Pendidikan Karakter khususnya di lingkungan dunia Pendidikan yang bisa kita lihat dari mulai diaktifkannya pelaksanaan Kurikulum Pendidikan 2013 pada tahun 2014 ini, Universitas Batanghari melalui program PKM-nya ikut mendukung dan menyukseskan misi Pemerintah tersebut.

Bahkan dalam wawancara bersama Jek TV tempo hari tanggal 11 September, Bapak Fachruddin Razi selaku Rektor Unbari memiliki program untuk menambah jumlah jam perkuliahan Pendidikan Agama  sebagai salah satu wujud Pendidikan Karakter.

Pelaksanaannya sehari, yang dibagi ke dalam 2 kelompok utama, kelompok pertama terdiri dari Fakultas Hukum dan Fakultas Keguruan dan Pendidikan, dan kelompok kedua terdiri dari Fakultas Pertanian, Teknik dan Ekonomi, sehingga acara ini memakan waktu 2 hari yang dilangsungkan pada tanggal 12 dan 13 September 2014 kemarin, bertempat di Aula Universitas Batanghari.

Acara ini menghadirkan pembicara seperti Bapak H.M. Amin Abdullah, M.Kes, Dr. Supian Ramli, M.Pd, dan Bapak H.M. Chairul Idrah, S.H, M.M, M.H, yang menyampaikan materi mengenai Psikologi dan Karakter, Kecerdasan Spiritual, dan Kewarganegaraan.  

Adapun karakter yang ingin dicapai meliputi sikap religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta Tanah Air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab.

Dengan demikian, baik Pemerintah maupun Pihak Universitas Baranghari khususnya mengharapkan terbentuknya insan yang cerdas, punya karakter, dan berwawasan kebangsaan