• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

27 Agustus 2018, oleh admin Print
DISKUSI TEMATIK : PERAN MAHASISWA DALAM PERLINDUNGAN ANAK INDONESIA DI UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI

Diskusi Tematik Staf Khusus Menteri PPPA RI digelar di Universitas Batanghari dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Perlindungan Anak”, tempo hari 27 Agustus 2018 dengan Narasumber Ir. Albaert Pikri, MSM selaku Staf Khusus Menteri PPPA RI) dan Dra. Luthfiah selaku Kadis PPPA Provinsi Jambi.

Diskusi ini dibuka langsung oleh Bapak Rektor UNBARI, H. Fachruddin Razi, M.H. yang diikuti oleh Pejabat dan Dosen UNBARI, serta dihadiri oleh Peserta Dosen dan Mahasiswa dari PT dan PTS di Provinsi Jambi seperti UNJA, UIN, STIKBA, STIE Muhammadiyah, dll, serta Media seperti TVRI, JekTV, dll.

Saat ini di Indonesia, persoalan kekerasan, pornografi seks bebas, prostitusi online, narkotika, miras, perdagangan orang, kecanduan internet/game online didapati dan terus terjadi peningkatan anak sebagai korban dan terus dieksploitasi dalam persoalan ini, untuk itu diperlukan keterlibatan dimulai dari orang tua atau wali, keluarga, masyarakat, Pemerintah Daerah, Pemerintah, bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan Perlindungan Anak sebagaimana diatur di dalam Pasal 20 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002.

Mahasiswa/i  merupakan sumber daya manusia potensial dari kalangan masyarakat yang ikut serta di dalam perlindungan anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia, dan sejahtera. Bentuk kewajiban dan tanggung jawab penyelenggaraan perlindungan anak yang dilakukan oleh mahasiswa/i melalui kegiatan –kegiatan di masyarakat.

Rektor UNBARI dalam pidatonya menyampaikan dilaksanakannya kegiatan Diskusi Tematik diharapkan menjadi upaya aktif penggalian ide-ide keterlibatan mahasiswa/i perguruan tinggi khususnya mahasiswa/i perguruan tinggi di Provinsi Jambi membantu Pemerintah dalam memberikan perlindungan terhadap anak-anak di Indonesia dan semoga dapat memberikan masukan yang konstruktif terkait perlindungan anak dalam beragam kegiatan - kegiatan intra/ekstra organisasi  di kampus dan kegiatan kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.(admin,08/2018)