• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

27 Agustus 2018, oleh admin Print
KKN UNBARI JAMBI, BUKAN KKN BIASA

Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi, oleh Rektor Bapak H. Fachruddin Razi, M.H. resmi melepas kembali keberangkatan mahasiswa KKN Tematik Posdaya ke Desa-desa Wilayah Provinsi Jambi pada Senin, 27 Agustus 2018 tempo hari.  Sebanyak 386 mahasiswa dari 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi sebanyak 239 mahasiswa, Fakultas Hukum sebanyak 77 mahasiswa, Fakultas Teknik sebanyak 4 mahasiswa, dan Fakultas Pertanian sebanyak 66 mahasiswa diberangkatkan ke 20 Desa dari 3 Kecamatan (Taman Rajo, Kumpeh Ulu, dan Maro Sebo), Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

KKN Tematik Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) berbeda dengan KKN Biasa, mahasiswa melaksanakan KKN dengan program yang disusun masing-masing kabupaten/kota. Program disesuaikan dengan potensi dan permasalahan pembangunan yang dimiliki setiap kecamatan. Tim KKN akan merumuskan program bersama perwakilan masing-masing kabupaten/kota sesuai apa yang dibutuhkan.

Aplikasinya menggunakan Posdaya dilakukan dengan mengakomodasi masyarakat dalam sebuah kelompok. Kemudian mengoptimalkan potensi masyarakat tersebut agar tepat guna dan tepat sasaran sehingga proses produksi dapat meningkat serta mencapai nilai tambah yang disesuaikan dalam menyokong perekonomian dasar maupun kesejahteraan tiap orang di desa itu. Potensi itu diolah dalam berbagai produk atau jasa tertentu sehingga ada nilai tambah. Sasarannya seperti potensi pertanian, perkebunan, perternakan, kehutanan, hingga pariwisata.(admin,08/2018)